Empat Model Bisnis Yang Sustainable Pada Industri Telekomunikasi Selular di Masa Sekarang dan Mendatang - Sebuah Pengembangan Strategis Telekomunikasi Melalui BCG Matriks

Leonard Tiopan Panjaitan

Abstract


Model bisnis telekemonukasi di Indonesia sangat tergantung dari
strategi bisnis yang dipakai maupun alokasi spektrum frekuensi yang
diperoleh oleh operator telekomunikasi. Dunia telekomunikasi perlu
membuat terobosan bisnis mengingat jumlah pelanggan yang cukup
masif dan cepatnya pelanggan berpindah operator. Keberadaan
pelanggan memerlukan pengelolaan yang cerdas, kreatif dan integratif
terutama dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital saat ini.
Transaksi belanja melalui e-money dalam mendukung cashless society
perlu mendapatkan perhatian operator sebagai suatu peluang bisnis
besar. Selain itu, bisnis data, cloud computing serta managed services
menjadi segmen pasar yang potensial dalam menunjang efektivitas dan
efisiensi telekomunikasi.


Keywords


Model bisnis; pelanggan; transaksi; bisnis data; cloud computing; cashless society; e-money

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v2i2.1109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: mudrik_alaydrus@mercubuana.ac.id
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id

pISSN: 2085-4822
eISSN: 2579-6089

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: