Membangun Private Cloud Computing dan Analisa Terhadap Serangan DoS, Study Kasus SMKN 6 Jakarta

Johan Sharif

Abstract


Perkembangan Cloud Computing semakin berkembang dan menjadi suatu trend yang banyak digunakan didunia telekomunikasi saat ini. Didunia pendidikan cloud computing menjadi sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar. Bagaimana membangun infrastruktur cloud computing untuk mendukung proses belajar mengajar di SMKN 6 Jakarta, sehingga sistem ini dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kami menganalisa dan merancang infrasruktur jaringan disekolah untuk dapat menerapkan cloud computing di wilayah lokal sekolah. Kemudian kami membangun sistem dengan membuat server untuk cloud computing yang dapat diakses melalui jaringan kabel dan jaringan wireless. Dengan dapat mengakses server cloud melalui jaringan disekolah diharapkan para Guru dan siswa dapat menggunakan fasilitas yang ada seperti berbagi materi pelajaran, pemberian tugas, mengumpulkan tugas, review tugas dan fasilitas-fasilitas lain yang masih mungkin untuk dapat dikembangkan.
Setelah server cloud computing terbangun lalu diuji coba fungsi-fungsinya seperti upload dan download file apakah dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya server cloud dipastikan dapat berjalan dengan baik, dimana cloud computing bisa melakukan penambahan user dan hak askse setiap user. langkah selanjutnya adalah melakukan pengujian dengan melakukan serangan DOS (Denial Of Service).
Pengambilan data dilakukan sebanyak 30 kali pengambilan data dengan software wireshark sebagai penangkap aliran data dan analisanya. Sekenario 1 tanpa gangguan DoS diambil data sebanyak 10 kali, sekenario 2 dengan DoS gangguan ke server sebanyak 32000 byte dengan 3 komputer dan terakhir sekenario 3 dengan gangguan DoS sebanyak 65000 byte dengan 6 komputer sebanyak 10 kali.
Hasil penelitian menunjukan saat tidak ada serangan DoS server berjalan dengan baik dengan troughput yang besar. Namun setelah dilakukan serangan DoS terjadi penurunan nilai troughput dan semakin besar jumlah serangan maka semaikin menurunkan nilai troughput dari server cloud. Ini menunjukan bahwa server cloud yang telah dibangun masih rentan terhadap serangan DoS.


Keywords


Pendidikan; Cloud Computing; Denial Of Service; Quality Of Service

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v6i3.1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: mudrik_alaydrus@mercubuana.ac.id
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id

pISSN: 2085-4822
eISSN: 2579-6089

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: