THE EFFECTIVENESS OF PUBLIC SPEAKING TRAININGWITH COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TOWARDS PUBLIC SPEAKING ANXIETYIN TERMS OF GENDER

Anisa Indah Lestari

Abstract


Fenomena yang terjadi di lingkungan pesantren, banyak dari santri dan santrriwati yang tidak menikmati dan tertarik dengan bentuk kegiatan pidato bahkan ada beberapa dari mereka yang berpura-pura sakit hanya untuk menghindar dari kegiatan tersebut. Penyebab utamanya tidak lain adalah rasa takut saat berkomunikasi di depan umum.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektivitasan pelatihan berbicara di depan umum untuk siswa dengan pendekatan terapi perilaku kognitif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum ditinjau dari jenis kelamin. Tujuan lain adalah untuk menguji perbedaan efektivitas pelatihan ini terhadap laki-laki dan perempuan. Metode pelatihan sesuai untuk mengaplikasikan pendekatan perilaku kognitif dikarenakan metode ini bertujuan untuk mengubah kognisi dan melatih perilaku tertentu pada seseorang ke perilaku yang adaptif dan lebih baik. Purposive Sampling dan skala kecemasan berbicara di depan umum digunakan dalam penelitian eksperimen ini untuk mendapatkan 20 sampel yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan kelas tiga MA Pondok Pesantren Trubus Iman dan memiliki kecemasan berbicara di depan umum dengan level sedang dan tinggi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif untuk menganalisis data. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan tersebut secara efektif mengurangi kecemasan berbicara di depan umum namun penelitian ini tidak dapat menunjukkan perbedaan pengaruh efektivitas pelatihan antara kedua jenis kelamin tersebut.

 

 


References


Arifin, H. F. (2015). Pengaruh Whatsapp Terhadap Perilaku Tertutup Mahasiswa. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Chandrayana, H. (2017). Buku Praktis Pembicara Berkarakter dan dan Pembicara Profesional. Chandra Public Speaking Production, hlm.1-19.

Fatma, A., & Ernawati, S. (2012). Pendekatan Perilaku Kognitif Dalam Pelatihan Keterampilan Mengelola Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Talenta Psikologi, 1 (1), 39-65.

Gifary, S., & Iis K. N. (2015). Intensitas Pengguna Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Jurnal Sosioteknologi. 14 (2). Diunduh dari: http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/viewFile/-1472/1045 .

Irianto, B. R., Freddy, Y., & Putri B. P. S. (2014). Pengaruh Pengguna Instant Messaging Line Terhadap Efektifitas Komunikasi Interpersonal. E-Proceeding Of Management, 2 (3), 4216-4222. Jiwo, T. (2012). Anxiety (Kecemasan). Bahan Kuliah Online Gratis. Diakses pada tanggal 05 Juni 2017 dari http://tirtojiwo.org/wp-content/uploads/2012/06/kuliah-anxiety.pdf Juariah, L. (2009). Gambaran Tingkat Kecemasan Remaja Kelas VII dan VIII yang Mengalami Puberitas di SMP Budi Luhur Cimahi. Ejournal Jurnal Kesehatan Kartika. http://stikesayani.ac.id/publikasi/e-journal/ filesx/-2010/201012/201012-002.pdf Khamim. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Snan Kalijaga Yogyakarta.

Rakhmat, J. (2016). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1), hal. 273-278

Suranto, A. W. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taniady, V. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi (Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas X SMA Labschool UPI Bandung). Antologi Geografi, 4 (1), 1-13.

Tuan, H. N., & Mai, N.T. (2015). Factors Affecting Students’ Speaking Performance At Le Thanh Hien High School. Asian Journal Of Educational Research, 3 (2) 8-23.

Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Efficacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5 (1), hal. 54-82.

Zakiyah. (2014). Pengaruh dan Efektivitas Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Berbasis Komputer Terhadap Klien Cemas dan Depresi. E-Journal Widya Kesehatan dan Lingkungan, 1 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/biopsikososial.v1i2.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Biopsikososial : Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta

 

Print ISSN: 2599-0470

Online ISSN: 2598-4918

 

 

JBUMB and its articles is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Editorial Office

JBUMB 

Universitas Mercu Buana

Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat