Perancangan Aplikasi Helpdesk Untuk Mengelola Manajemen Komplain Aplikasi Dafinci Menggunakan Penerapan Knowledge Management System (Studi Kasus Pt.Telkomsel)

Yovita Virgiyanti, Riri Fajriah

Abstract


PT. Telkomsel adalah Perusahaan Telekomunikasi Seluler di Indonesia. PT. Telkomsel mempunyai sebuah sistem internal yang bernama Database For Implementation Raiec atau disingkat Dafinci, merupakan sebuah aplikasi project management yang digunakan oleh beberapa departemen pada PT. Telkomsel, karena masih dalam tahap pengembangan sehingga aplikasi dafinci masih terdapat banyak kendala dan komplain dari para karyawan. Saat ini belum memiliki sebuah sistem penanganan keluhan yang sistematis dan terstruktur sehingga mengakibatkan adanya laporan keluhan yang terduplikasi, laporan keluhan yang tidak terespon, laporan keluhan yang tidak terdokumentasi yang berakibat pada kinerja karyawan. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini ialah merancang sebuah sistem aplikasi helpdesk untuk mengelola manajemen komplain pada aplikasi Dafinci, yang bisa memberikan solusi dan gambaran terhadap permasalahan yang dialami oleh sistem Dafinci serta penerapan knowledge management untuk memfasilitasi masalah pendokumentasian dan penggunaannya serta meningkatkan kualitas kerja bagi karyawan Telkomsel . Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah SLDC ( System Development Life Cyle ) dengan model waterfall dan menggunakan analisa PIECES dengan penerapan knowledge management system untuk mendukung interaksi antar karyawan, desain sistem menggunakan tools UML (Unified Modeling Language ) seperti Use Case Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram.

 Kata Kunci: Knowledge Management System, Perancangan Aplikasi Helpdesk, PIECES

Refbacks

  • There are currently no refbacks.