PERAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN OJEK ONLINE

Arissetyanto Nugroho

Abstract


Layanan ojek telah bertransformasi dari ojek yang ada dipangkalan, menjadi ojek yang dapat dipanggil melalui aplikasi teknologi. Fenomena ini yang disebut dengan ojek berbasis online. Melalui aplikasi teknologi, konsumen dapat memperoleh kemudahan dengan memesan dimanapun dan kapanpun saja, konsumen juga memperoleh penanda lokasi yang akan memudahkan driver ojek online untuk mendatangi lokasi konsumen, selain itu juga aplikasi ini memberikan kemudahan interaksi antara perusahaan ojek online, driver, dan juga konsumen. Di dalam penelitian ini, beberapa variabel yang diuji adalah variabel promosi, keamanan, tingkat kepercayaan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan ojek online. Variabel ini dipilih karena aplikasi yang dimanfaatkan oleh ojek online menyampaikan banyak informasi promosi kepada pelanggan melalui sistem yang disediakan dari teknologi tersebut, selain itu karena layanan ini adalah layanan baru maka tingkat keamanan dan kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang penting untuk diuji dalam hubungannya terhadap loyalitas pelanggan ojek online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiga variabel dependen yaitu promosi, tingkat kepercayaan, dan keamanan memengaruhi loyalitas pelanggan, namun ada variabel sentral yaitu promosi yang memengaruhi keamanan dengan menyampaikan berbagai hal-hal yang dapat meningkatkan pemahaman untuk layanan ojek online. Keamanan ini kemudian merupakan prasyarat untuk bisa meningkatkan kepercayaan konsumen, yang akhirya dapat memengaruhi konsumen mencoba dan kemudian melakukan repeat order atau mau menggunakan layanan tersebut kembali. Data penelitian dilakukan dengan survei kepada 100 responden, selanjutnya data di bootstrap hingga mencapai 500 sampel dan analisa Structural Equation Modelling dilakukan dengan menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian menyampaikan bahwa hubungan tidak langsung dari variabel promosi memengaruhi keamanan, memmengaruhi tingkat kepercayaan dan kemudian tingkat kepercayaan akhirnya bisa memengaruhi loyalitas. Jalur ini adalah jalur yang paling signifikan memengaruhi loyalitas pelanggan ojek online.

Keywords


Promosi, Keamanan, Tingkat Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan, Ojek Online.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v4i3.5609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis



Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats