TINJAUAN TERHADAP KONTROL LINGKUNGAN PASIF PADA APLIKASI DESAIN UNIT HUNIAN APARTEMEN DI JAKARTA TIMUR

ulinata ulinata

Abstract


ABSTRACT

 

 

Unit hunian khususnya apartemen membutuhkan energi yang cukup besar terutama pada operasional apartemen. Efisiensi penggunaan energi unit hunian apartemen dapat menghemat biaya dan menyelamatkan lingkungan dimana persediaan energi dunia yang semakin lama semakin menipis. Ancaman krisis energi dapat membuat faktor energi menjadi suatu pertimbangan dalam sebuah desain arsitektur khususnya pada unit hunian apartemen.

Riset internal ini dapat memberikan pemahaman bagi pembaca dan penulis dalam mengembangkan ilmunya terutama mengenai rekayasa dan teknologi ramah lingkungan yang menghasilkan bangunan hemat energi secara pasif khususnya apartemen di DKI Jakarta. Riset ini dilakukan pada unit hunian apartemen keluarga dengan dua (2) kamar tidur di Apartemen Bassura, Jakarta Timur.

Metode yang akan dilakukan dalam melakukan riset internal ini yaitu dengan menggunakan metode deksriptif. Riset internal ini juga menganalisa dan mengkaji sumber-sumber yang berkaitan dengan desain unit hunian apartemen yang hemat energi serta meneliti profil dari DKI Jakarta Timur yang berasal dari literatur melalui internet berupa jurnal nasional dan internasional, artikel ilmiah serta buku.

 

 

Kata Kunci: Desain Bangunan Hemat Energi, Unit Hunian Apartemen, Jakarta TImur

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi : Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650. Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813. Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : jitkom@mercubuana.ac.id
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats