IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKANALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: PT. Pesona Ceria Travel)

Zahrotul Wardah

Abstract



Semakin banyaknya jumlah travel yang berkembang saat ini, membuat para pengelola ingin
menunjukan strategi pemasaran yang lebih baik, salah satuya adalah PT. Pesona Ceria Trevel yang
ingin meningkatkan penjualan tiket pesawat. Dalam kegiatan sehari -hari PT. Pesona Ceria Travel
mempekerjakan staff tiketing untuk mengelola penjualan tiket. untuk mengetahui tiket yang paling
laku terjual, PT. pesona Ceria Trevel membutuhkan aplikasi yang dapat menampilkan laporan
penjualan tiket sehingga mempermudah owner untuk menentukan promosi pada tiket tersebut. Pa da
kasus ini, digunakan data mining dengan metode Algoritma Apriori untuk menemukan freku ensi item
set pada sekumpulan data. Dengan algoritm ini didapatkan kumpulan tiket pesawat yang sering
terjual yaitu Lion Air, Citilink, Garudan dan Batik Air. Asosiasi ini didapat dengan nilai Support
minimal 30% dan nilai Confident 80%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa
aplikasi yang dibangun berhasil sesuai rancangan dan dapat memberikan masukan kombinasi tiket
yang sering dipesan pada waktu yang ditentukan.

 


Keywords


Data Mining; Algoritma Apriori; Association Rule; Penjualan Tiket Pesawat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer



Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats