KOMPARASI KECUKUPAN INFRASTRUKTUR DI KORIDOR JAWA

Peter F Kaming, Ferianto Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai kecukupan infrastruktur koridor Jawa. Penelitian ini melibatkan lebih dari 179 insinyur sipil yang bekerja di berbagai latar belakang profesi sebagai peserta dan merilis nilai baru untuk berbagai infrastruktur di Koridor Jawa, termasuk jalan-jalan regional dan jembatan, transit, kereta api, sistem air bersih, energi, pariwisata, bendungan dan irigasi, dan fasilitas penting lainnya. Penelitian ini mengadopsi pada ASCE dan infrastruktur Australia metodologi rapor. Propinsi yang dipilih dalam penelitian ini adalah: Banten, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Teridentifikasi dari studi ini peringkat rata-rata infrastruktur koridor Jawa adalah "D+". Peringkat D+ berarti bahwa infrastruktur dalam sistem atau jaringan kurang memadai; itu menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau berfungsi namun tidak terlayaninya kebutuhan pengguna dan memerlukan perhatian khusus sesuai dengan kebutuhan infrastruktur jangka panjang. Beberapa elemen menunjukkan kekurangan yang signifikan dalam kondisi dan fungsi, dengan meningkatnya kerentanan terhadap risiko. Studi ini memberikan banyak informasi tentang dampak infrastruktur yang tidak memadai, dan juga berfokus pada cara-cara pemerintah propinsi di koridor Jawa dapat mulai menangani ini kekurangan kritis.

Keywords


infrastruktur;penilaian;peringkat;Jawa;Indonesia

Full Text:

PDF

References


ARCADIS (2016) Third Global Infrastructure Investment Index, 2016. Wolrd Economic Forum, www.arcadis.com

ASCE (2015) ASCE Infrastructure Report Card 2015. www.infrastructurereportcard

ASCE, (2012) Infrastructure Report Card 2012 for the Colorado, Springs Area, Colorado

Australia Engineers (2010) Report card 2010 Infrastucture Australia, Transport Energy Water Telecommunications, www.engineersaustralia.org.au/irc

Grigg, N., (1988).,Infrastructure Engineering and Management, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Hudson, W.R., Haas,R., dan Uddin, W., (1997) Infrastructure Management, McGraw-Hill.

Kaming, P.F., dan Raharjo, F., (2015) Perceptions of Civil Engineers Regarding Adequacy of Infrastructure in Yogyakarta Special Region, PROCIDIA, International Conference SCESCM, UGM.

Kaming, P.F., dan Raharjo, F., (2016) Komparasi Kecukupan Infrastruktur di Koridor Jawa, Laporan Peneitian, LPPM, UAJY.

Kaming, P.F., dan Raharjo, F., (2016) Perceptions of Civil Engineers on Adequacy of Infrastructure at Sumatera, Proceeding SICEST, Bangka Belitung.

Kaming, P.F., dan Raharjo, F., (2016) Persepsi Insinyur Teknik Sipil tentang Kelayakan Infrastruktur di Koridor Kalimantan, Laporan Penelitian, LPPM, UAJY.

Kaming, P.F., Raharjo, F., dan Pitoyo (2015) Pesepsi Insinyur Teknik Sipil tentang Kelayakan Infrastruktur di Provinsi Jambi, Koridor Sumatera, Seminar Nasional Teknik Sipil ke XI, ITS Surabaya.

Kaming, P.F., Raharjo, F., dan Wan, J. (2016) Persepsi Insinyur Teknik Sipil tentang Kelayakan Infrastruktur di Kalimantan Timur, Seminar Nasional Teknik Sipil ke XII, ITS Surabaya.

Kodoatie, R.J., (2005) Pengantar Manajemen Infrastruktur, TS ,FT UNDIP. Pustaka Pelajar.

Kristiawan, Y.D., (2015), Analisis Kelayakan Infrastrukur Kota Metropolitan: Studi Kasus Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Tugas Akhir, TS FT UAJY.

Nurmadimah, F. (2012) Analisis Pemilihan Proyek Pengembangan Bandara UPT Dengan Skema KPS. Tesis. Fakultas Teknik, Departemen Teknik Sipil, Universitas Indonesia.

Peraturan Presiden Republik Indonesia no 3:2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Peraturan Presiden Republik Indonesia no 38:2015 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur.

Peraturan Presiden Republik Indonesia no 4:2016 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur.

Peraturan Presiden Republik Indonesia no 67:2005 tentang Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur.

Sanjaya, E.B., (2015) Persepsi Insinyur Teknik Sipil Mengenai Kelayakan Infrastruktur Propinsi Jawa Barat, Tugas Akhir, TS FT UAJY.

Sanusi, D.C.D., (2015) Analisis Kelayakan Infrastruktur Di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Penilaian Praktisi dan Akademisi Teknik Sipil. Tugas Akhir, TS FT UAJY.

Sugianto, I., (2015) Analisis Kelayakakan Infrastruktur di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Penilaian Praktisi dan Akademisi Teknik Sipil, Tugas Akhir, TS FT UAJY.

Toothaker, L.E., (1999) Multiple Comparison Procedure, SAGE Publication Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rekayasa Sipil

JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS

email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

.