SISTEM PENILAIAN KINERJA DOSEN TELADAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTY ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART)

Yeni Purnamasari, Tacbir Hendro Pudjiantoro, Dian Nursantika

Abstract


Pemilihan dosen teladan dilakukan dengan cara memilih alternatif dosen yang memenuhi syarat berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Dalam pemilihan dosen teladan selama ini masih dilakukan secara manual, sehingga terkadang dalam pengambilan keputusan tidak tepat sasaran karena banyaknya kriteria yang harus dihitung serta tidak jelasnya pembobotan nilai sehingga penilaian menjadi tidak objektif. Kriteria yang digunakan pada penelitian ini adalah data pengalaman atau masa kerja, Bimbingan dan Konsultasi, Jenjang Pendidikan dan Jabatan Fungsional, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kehadiran, Disiplin, Usia, Pengalaman atau Masa Kerja, Nilai Prestasi Kerja, Tugas lain-lain diluar tugas utama.Penelitian ini menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique), karena metode ini mampu menyelesaikan masalah dengan multikriteria. Pada system ini menggunakan PHP dan MySQL. Bedasarkan perhitungan dari data penilaian yang telah diuji metode SMART mampu memberikan rekomendasi yang tepat dan sesuai serta dapat membantu dalam penilaian pemilihan dosen teladan.

Full Text:

PDF

References


A. S. Honggowibowo, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU JALUR PRESTASI DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO MENGGUNAKAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE," JURNAL ANGKASA, Vols. Volume VII, Nomor 2, pp. 31-38, November 2015.

P. W. Astuti, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN METODE SMART PADA MAS PAB 1 SAMPALI," Pelita Informatika Budi Darma, Vols. IX, 2, no. 2301-9425, pp. 2.2-241-2.2-245, Maret 2015.

D. P. P. Risky Aswi R, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SAW STUDI KASUS PEMILIHAN RUMAH," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015 STMIK AMIKOM Yogyakarta, no. ISSN : 2302-3805, Februari 2015.

a. rahma, "program seleksi masuk siswa baru menggunakan metode smater," universitas pendidikan indonesia, pp. 15-35, 2013.

U. R. Rizal Ariestya Indrianto, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA BARU PADA SMK NEGERI 3 JEPARA DENGAN METODE SIMPLE MULTI ATRIBUT RATING TECHNIQUE (SMART)," 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.v8i1.1372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Elektro
Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte

 

View My Stats