HUBUNGAN KETINGGIAN DAN DIAMETER LUBANG UDARA TUNGKU PEMBAKARAN BIOMASSA DAN EFISIENSI TUNGKU

Mirmanto Mirmanto, Arief Mulyanto, Lalu R Hidayatullah

Abstract


Energi alternatif, misalnya biomassa, dapat dimanfaatkan dengan menggunakan proses pembakaran di dalam tungku. Kendati demikian, tungku tradisional yang tersedia di pasaran atau yang sudah dimanfaatkan masyarakat selama bertahun-tahun efisiensinya masih rendah. Variabel-variabel yang dapat mempengaruhi efisiensi adalah jarak antara ruang bakar dengan lubang masuk udara dan diameter lubang udara. Oleh karena itu, penelitian ini meneliti pengaruh jarak lubang udara dan dan diameter lubang udara terhadap efisiensi tungku. Pengujian dilakukan menggunakan jarak antara ruang bakar dengan lubang udara 30 cm, 40 cm dan 50 cm dan diameter lubang udara 5 cm dan 10 cm. Diameter ruang bakar adalah 13 cm dan diameter bagian atas dari tungku 19 cm. Bahan bakar yang digunakan adalah tempurung kelapa dengan ukuran bervariasi antara 2 cm sampai dengan 4 cm. Pengujian dilakukan dengan memanaskan air dalam panci berdiameter 22 cm dari suhu lingkungan sampai mendidih (100°C). Parameter yang diteliti adalah kinerja tungku yang terdiri dari lama waktu mendidih, FCR, input daya, output daya, kehilangan daya dan efisiensi. Hasilnya menunjukkan bahwa waktu pendinginan tercepat adalah 337 detik dan FCR tertinggi adalah 1,61 kg /jam yaitu yang dihasilkan dengan tungku dengan diameter lubang 10 cm dan jarak lubang udara dari ruang bakar 50 cm. Efisiensi tertinggi 13,92% dicapai oleh tungku dengan jarak lubang udara 30 cm dan diameter lubang udara 5 cm.

Full Text:

PDF

References


. Athar M. Pengaruh ketinggian lubang udara pada tungku pembakaran biomassa terhadap efisiensi waktu pendidihan air. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram, Mataram. 2015.

. Barlin, Nainggolan MP. Studi performa tungku pembakaran biomassa berbahan bakar limbah sekam padi, Prosiding Seminar Nasional Resatek, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, Palembang. 2012.

. Budianto A, Nurhuda M, Nadhir A. Uji Efisiensi Tungku Tanah Liat Berdaya Sedang, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Brawijaya. 2014.

. Maulana R. Optimasi efisiensi tunku sekam dengan variasi lubang pada badan kompor, Skripsi, Institut Pertanian Bogor, Bogor. 2008.

. Mulyanto A, Mirmanto, Ahtar M. Pengaruh ketinggian lubang udara pada tungku pembakaran biomassa terhadap unjuk kerjanya. Dinamika Teknik Mesin. 2016; 6(1): 22-30.

. Utami Y. Desain dan uji unjuk kerja tungku briket biomassa, Skripsi, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor. 2008.

. Widiarto IH. Pengaruh luas celah udara pada kompor briket batubara terhadap efisiensi waktu pendidihan air, Skripsi, Fakultak Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember. 2012.

. Yunianto B, Sinaga N, Ramanda SAK. Pengembangan desain tungku bahan bakar kayu rendah polusi dengan menggunakan dinding beton semen, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v6i4.2048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Teknik Mesin

======================================================
Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: mesin@mercubuana.ac.id
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats