PENGARUH JARAK KATUP LIMBAH DENGAN KATUP PENGHANTAR TERHADAP EFISIENSI HIDRAM

Gibran Rausyanfikri Mulyadi

Abstract


Masyarakat yang belum terjangkau listrik akan kesulitan dalam memperoleh air bersih dan harus menempuh perjalanan yang jauh . Sumber air ini bisa berada pada daerah dataran tinggi maupun rendah , jika pemukiman penduduk berada di bawah sumber air tentunya bukan masalah . Bagaimana jika, sumber air tersebut berada jauh dibawah permukaan rumah penduduk hal ini memerlukan alat yang berguna untuk menyalurkan air agar bisa di dapatkan dengan mudah oleh penduduk . Oleh karena itu, dibutuhkanlah sebuah pompa air , namun karena suplai listrik yang belum tentu tersedia maka dibutuhkanlah pompa tanpa energi listrik melainkan menggunakan energi air tersebut yaitu pompa hidraulik ram  ( Hidram ). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi unjuk kerja pompa hidrolik ram dengan variasi Jarak antara katup limbah dengan katup penghantar dan Metode penelitian melalui perancangan pompa hidram dengan pengamatan pengaruh jarak katup limbah dengan katup penghantar (215 mm, 230 mm dan 245 mm). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi tertinggi pompa hidram adalah 2,88 % menurut efisiensi D’Aubuission dan 1,15 % menurut efisiensi Rankine pada jarak katup limbah dengan katup penghantar pada jarak 245 mm. Faktor Jarak antara katup limbah dengan katup penghantar berpengaruh terhadap debit pemompaan, debit buang, dan efisiensi pompa hidram.

Kata kunci : Pompa hidram, pipa masuk, katub buang, dan efisiensi


Full Text:

PDF

References


. Made Suarda Dan IKG Wirawan , Kajian Eksperimental Pengaruh Tabung Udara Pada Head Tekanan Pompa Hidram, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM Vol. 2 No1, Juni 2008 (10-14)

. Lungguk butarbutar , Pengaruh Diameter Membrane Pada Pompa Hidram Terhadap Tekanan Yang Terjadi Pada Pipa Buang Jenis Pvc, Tugas Akhir 2016 , Fakultas Teknik Mesin , Universitas Pancasila

. Mietra anggara, Naif fuhaid Toni Dwi Outra , Pengaruh Variasi Panjang Pipa Masuk (DRIVE PIPE) Dan Beban Katup Buang (WASTE VALVE) Terhadap Efisiensi Pompa HIDRAM, 2013 , PROTON, Vol 5, No 2/Hal 31-34.

. Daniel Ortega Panjaitan , Tekad Sitepu , Rancang bangun pompa hidram dan pengujian pengaruh variasi tinggi tabung udara dan panjang pipa pemasukan terhadap unjuk kerja pompa hidram, jurnal E-Dinamis , Vol II, No 2 september 2012 , ISSN 2338-1035




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v6i4.2099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Teknik Mesin

======================================================
Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: mesin@mercubuana.ac.id
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats