KAJIAN STRUKTUR POSTER ’HOPE’ BARRACK OBAMA

Octavianus Bramantha

Abstract


Ringkasan

Sebagai seorang calon presiden pada pemilu di Amerika Serikat 2009 silam, Obama menjadi kandidat yang sangat berbeda dibandingkan dengan kandidat lainnya. Hal yang membedakan Obama bukan saja dari sisi rasial, tetapi juga dari strategi kampanyenya. Beberapa seniman tergerak untuk mendukung Obama menjadi pemimpin tertinggi Amerika saat itu, termasuk Shepard Fairey yang sudah dikenal baik sebagai seniman urban. Karya-karya sebelumnya yang banyak menyinggung masalah-masalah politik, isu-isu rasial dan juga masalah ekonomi, menjadi dasar dalam pembuatan karya poster ini. Fairey yang juga warga Amerika mempunyai harapan kepada Obama untuk menjadi presiden. Harapan-harapan itu ia suarakan melalui karya poster-poster yang kini menjadi ikon selama masa kampanye Obama.

Pada penelitian ini, objek utama penelitian adalah poster ‘HOPE’ Barrack Obama. Penelitian terfokus untuk mengkaji struktur demi struktur elemen-elemen yang terdapat pada poster, juga tanda dan pesan yang dapat disampaikan pada poster ini.

Kata Kunci : Poster, Obama, Kampanye

 

Abstract

As a presidential candidate on United States’ last 2009 election, Obama became a very different candidate if compared with the other candidates. Obama was distinguished not only in terms of racial, but also because of his campaign strategy. Some artists moved to support Obama to be the supreme leader of America at the time, including Shepard Fairey, who was already well known as an urban artist. His previous works that took up many political issues, racial, and economic problems, are the basis in making this poster. This poster also reflects Fairey’s hope as citizen for Obama to be president of the United States. His hopes were voiced via the posters that were iconic during the campaign period.

This study is reviewing Barrack Obama’s 'HOPE' campaign poster by analyzing its structure and visual elements, as well as signs and messages that were conveyed.

Keywords : Poster, Obama, Campaign


Keywords


Poster; Obama; Kampanye

Full Text:

PDF PDF

References


Cedar, Lewisohn. (2008). Street Art: The Graffiti Revolution. London, England: Tate Museum.

Darmaprawira, Sulasmi W.A. (2002). Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 70-80.

Eman. (2011). Tembok adalah Kanvas bagi Mereka. Babyboss Magazine. Jakarta: PT. Concept Media.

Foster, John. (2007). Master Poster Design, Poster Design for the Next Century. United States: Rockport Publishers.

Ganz, Nicholas. (2006). Graffiti Woman. United States: Thames & Hudson.

Guntoro, Godot. (2011). Obey the Giant. Babyboss Magazine 4(16), Jakarta: PT. Concept Media.

Istanto, Freddy H. (Juli, 2000). Rajutan Semiotika untuk Sebuah Iklan; Studi Kasus Iklan Long Beach. Nirmana 2(2).

Lovvet, John. (1999). Splashing Painting. Australia: Plus P&P.

Landa, Robin. (2010). Graphic Design Solution 4th edition. United States: Wadsworth Publishing.

Machmud, Mochtar. (1992). Dasar-dasar Ilmu Sosial untuk Public Relation. Jakarta: PT. Bina Rena Pariwara, 55.

Putra, Masri Saremba. (2007). Media Cetak Bagaimana Merancang dan Memproduksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rifki Aswan, Kajian Strategi Visual Pada Media Promosi Motion Graphic Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Volume 5 Edisi 2 September 2018. Narada: Jurnal Desain Dan Seni. 4(3)

Rizka, Annisa Rachimi. (2017). Peran Warna Khas dalam Kemasan Produk dalam Konteks Brand Identity. Narada 4(1), 53-60.

Sihombing, Danton. (2001). MFA. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soedarwanto, Hady. (2015). Aspek Etika dan Estetika pada Desain Media Informasi Ruang Publik. Narada 2(2), 161-172.

Supriyanto, Enin. (2004). Sejarah Poster: Selembar Poster dan Ruang Demokrasi. Bandung: Kompas.

Film :

Marshal, Jullian. (2012). Obey the Giant. United States: Special branch production.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional