WORKSHOP PEMBUATAN DREAMBOARD KREATIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI TENTANG IMPIAN PROFESI MASA DEPAN PADA SISWA SDN DI RPTRA SUGRIWA RAWA BUAYA

Novena Ulita

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengangkat permasalahan berkenaan tentang pengetahuan dan wawasan siswa berkenaan kaitan sekolah dengan profesi dimasa datang. Melalui kegiatan yang dilakukan pada siswa SDN di RPTRA Sugriwa Rawa Buaya, sedapatnya menjadi salah satu studi kasus menjadi solusi pada permasalahan para siswa memilih profesi pilihannya. Dengan adanya kegiatan ini siswa dapat lebih termotivasi menjalani studinya karena dalam upaya ingin mencapai profesi pilihannya.  Kegiatan ini dikemas dengan interaktif yang menggunakan pendekatan bidang ilmu desain komunikasi visual dalam menyampaikan pengetahuan dan wawasan berbagai jenis profesi kepada para siswa dengan bahasa-bahasa visual yang digambarkan pada media papan mimpi. Dengan visualisasi bahasa visual tersebut menjadi  simbol yang mudah diingat dan bertahan lama dalam memori jangka panjang para siswa.

Para siswa SDN RPTRA Sugriwa Rawa Buaya sangat antusias mengikuti dan selama kegiatan para siswa di damping oleh mahasiswa, guru pendamping, orangtua, dan dosen pendamping. Guru pendamping dan orangtua memberikan respon positif terhadap kegiatan papan mimpi tentang impian profesi masa depan pilihan siswa.

 


Keywords


Papan mimpi, kreatif, komunikasi visual, profesi

Full Text:

PDF

References


Amelia, M. (30. Desember 2016). Berita. Abgerufen am 30. Oktober 2017 von Detik News: https://news.detik.com/berita/d-3384009/kapolda-metro-kejahatan-di-jakarta-terjadi-tiap-12-menit-18-detik

BNN. (2016). Laporan Kinerja BNN. Jakarta: Pusat Penelitian Data dan Informasi BNN.

Hendrian, D. (2. Mei 2016). http://www.kpai.go.id/. Abgerufen am 30. Oktober 2017 von Komisi Perlindungan Anak Indonesia: http://www.kpai.go.id/berita/memprihatinkan-anak-pengguna-narkoba-capai-14-ribu/

Joffe, H. (2014). The Power of Visual Material : Persuasion, Emotion and Identification. International Council For Philosophy and Human Studies October 2014, Pg. 84-93.

Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36 No.1 Juni 2007, Hal. 35-44.

Nur Habibah Zain, P. W. (2013). Pengembangan Komik Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas VIII SMP Pada Tema Sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan. Unnes Science Education Journal 2 (1) 2013, 217-222.

Retno Puspitorini, B. S. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Cakrawala Pendidikan Oktober 2014 Th XXXIII No.3, 413-420.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional