EKSPLORASI MOTIF DAN RAJUTAN KAIN BOTI NTT UNTUK DITERAPKAN PADA ANYAMAN ROTAN

Hady Soedarwanto

Abstract


ABSTRAK

Desain adalah ranah ilmu yang dapat mengubah bahan baku menjadi benda yang memiliki penambah nilai (adding value). Adding value dapat berupa fungsi atau nilai ekonomis dari sebuah benda. Adding Value berupa fungsi berarti membuat bahan baku jadi memiliki fungsi yang dapat membantu manusia beraktifitas, sedangkan adding value yang menambah nilai ekonomis berarti membuat bahan baku dapat bernilai lebih mahal dari pada bahan bakunya. Pendekatan produk dari sudut pandang trend dicurigai memiliki hubungan dengan adding values secara ekonomis. Dalam upaya memperoleh nilai tambah tersebut maka peneliti mencoba memperluas ekplorasi ide dengan merambah ke produk kain terutama kain yang merupakan produk Nusantara, salah satunya kain Boti yang merupakan kain khas Nusa Tenggara Timur. Industri kerajinan kain yang ada di Nusantara kaya akan teknik dan motif yang dapat menjadi sumber inspirasi baru pada industri anyaman rotan. Untuk mewujudkannya perlu dimulai dengan merumuskan kebutuhan-kebutuhan baru, cara-cara baru dan sudut pandang baru yang dalam hal ini dimulai dengan cara meng-hybrid dua desain yang berbeda untuk menghasilkan kebaruan. Kali ini peneliti meninjau motif dan rajutan yang biasanya digunakan pada material kain tenun untuk diterapkan pada anyaman rotan dengan judul penelitian Eksplorasi Motif Dan Rajutan Kain Boti Khas Nusa Tenggara Timur Untuk Diterapkan Pada Anyaman Rotan. Hal ini dilakukan untuk memunculkan estetika baru dan menambah khasanah anyaman rotan. Motif dan rajutan yang dipilih berasal dari kain Boti yang merupakan kainkhas Nusa Tenggara Timur, sebagai salah satu kekayaan budaya lokal Nusantara. Dalam penelitian ini akan berisi dengan aktifitas meninjau motif dan jenis tenunan kain Boti, mempelajari karakternya, menerapkannya kedalam material rotan dan mewujudkannya dalam bentuk desain tas untuk wanita.

ABSTRACT

Design is the realm of science that can transform raw materials into objects that have adding values. Adding values can be present in the form of function or economic value of an object. Adding Values in the form of function means making raw materials to have a function that can help humans activities. Then adding value that adds economic value means making raw materials can be worth more expensive than the raw material. The product approach from the trend's point of view is suspected of having a relationship with economic adding values. In an effort to get the added value, the researcher tries to expand the exploration of ideas by penetrating into fabrics products, especially woven fabrics which is the product of archipelago, one of them is Boti which is typical cloth of East Nusa Tenggara. Industrial fabric crafts in the archipelago rich in techniques and motifs that can be a new source of inspiration in the rattan weaving industry. To make it happen, we can by formulating new needs, new methods and new perspectives, which in this case begins by hybriding two different designs to produce newness. This time the researchers review the motifs and knits that are usually used on woven fabrics to be applied to wicker rattan. The selected motifs and knits are derived from woven fabrics Boti which is the cloth of  Nusa Tenggara Timur, as one of the local cultural treasures of Nusantara. In this research will contain the activity of reviewing motifs and types of Boti woven fabric, studying its character, apply it into rattan material and make it happen in the form of bag design for women.


Keywords


Desain; Kain Boti; Anyaman Rotan; Fashion

Full Text:

PDF

References


BUKU

Affendi, Prof. Yusuf. Dra. Suwati Kartiwa M.Sc, Dra. Ratna Panggabean, M.Sn, dan Drs. Fatih Abdullah. Tenunan Indonesia (Seri Buku Indonesia Indah No.3), Jakarta. Yayasan Harapan Kita /BP-3 TMII

Budiyono, dkk. (2008), Kria Tekstil Jilid 3. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Darmaprawira W. A, Sulasmi (2002) Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya Edisi Ke-2. Bandung. Penerbit ITB.

Jasni dkk. 2012. Atlas Rotan Indonesia Jilid I. Bogor. Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan.

Marizar, Eddy S. (April 2007). “Rotan dan Material Unik” dalam Serial Rumah Jasni dkk. (2012). Atlas Rotan Indonesia Jilid I. Bogor. Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan.

SKRIPSI DAN JURNAL

Kaniati, I.G.A Nona dkk. 2015. Kerajinan Rotan di Diana Handycraft Desa Ganti Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Universitas Pendidikan Ganesha.

Larasati, Gladiola Reynita. (2014) Teknik Anyam dan Motif Dayak Ngaju pada Material Kulit Untuk Produk Tas. Jurnal Tugas Akhir pada jurusan Seni Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung.

Savitrie, Dian. (2008) Pola Perilaku Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Wanita Skripsi pada jurusan Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wijaya, I.G.M Fery dkk. Tidak tercantum tahun pembuatan. Kerajinan Anyaman Hiasan Lampu Berbahan Rotan di “Transit Bali Artshop” Sukawati Gianyar. Universitas Pendidikan Ganesha.

Zharandont, Patrycia. Pengaruh Warna Bagi Suatu Produk dan Psikologis Manusia. Jurnal pada jurusan Desain Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom.

WEB

Agnelli, Giorgio. (18 Agustus 2016). Tips dan Cara Membedakan Kulit Asli (Genuine Leather) dan Kulit Sintetis (Faux Leather). http://www.giorgioagnelli.com/id/detailblog/154-tips-dan-cara-membedakankulit-asli-genuine-leather-dan-kulit-sintetis-faux-leather diakses pada 24 Juni 2017 20:54 WIB.

Dharmmesta, S.E, M.B.A, Dr Basu Swastha. Modul 7: Strategi Penetapan Harga.

widyo.staff.gunadarma.ac.id diakses pada 24 Juni 2017 22:26 WIB.

Fitinline. (01 April 2013). Unsur Desain Fashion: Unsur Bentuk. https://fitinline.com/article/read/unsur-desain-fashion-unsur-bentuk/. Diakses pada 24 Juni 2017 20:33 WIB.

Lmiraethnique. (18 Juni 2016). Mengenal Tekstil Tradisional Nusantara. http://www.lmiraethnique.com/?p=426. Diakses pada 10 Juni 2017 7:48 WIB.

Mel, Melisa. (21 Maret 2017). 40 Jenis Tas Wanita yang Wajib Kamu Ketahui. https://slalu.com/ blogs/artikel/jenis-tas-wanita. Diakses pada 8 Juni 2017 11:47 WIB.

Prasetyani, Retno. (25 Mei 2017). Mengenal Bahan Pembuatan Tas.

magazine.banananina.co.id/ mengenal-bahan-pembuatan-tas/. Diakses pada 8 Juni 2017 11:53 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional