POTENSI BUDAYA RUPA KAMPUNG ADAT CIKONDANG KABUPATEN BANDUNG SEBAGAI SUMBER ETNOPEDAGOGI KARAKTER MASYARAKAT

Nia Emilda

Abstract


ABSTRAK

Cikondang merupakan salah satu kampung adat di Provinsi Jawa Barat yang sudah ada sejak sekitar 200 tahun yang lalu, namun sekarang hanya  menyisakan satu rumah, yang saat ini disebut sebagai Rumah Adat Cikondang. Rumah Adat Cikondang merupakan budaya rupa yang paling menonjol  di Kampung Adat Cikondang memiliki nilai filosofis dan pedagogis.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan secara komprehensif tentang proses etnopedagogi melalui nilai-nilai filosofis dan pedagogis Rumah Adat Cikondang.

ABSTRACT

Cikondang as a traditional village in west Java that existed since 200 years ago, but now there is only one house left in Cikondang, as we called as “Rumah Adat Cikondang”. It is the most prominent visual culture in Cikondang which had philosophy and pedagogy values. This research employs qualitative approach and case-study method. It is aimed to obtain a comprehensive description of ethnopedagogy through philosophy and pedagogy values of Rumah Adat Cikondang.


Keywords


Visual Culture; Ethnopedagogy; Character Education

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C., dkk. (2009). Etnopedagogi: Landasan Praktek pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Dewi, L. dkk. (2015). Model Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan Berbasis Etnopedagogis di Sekolah Dasar Kampung Cikondang. Jurnal Mimbar, 31(2), 399-408. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Kesuma, D. dkk. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2015). Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tilaar. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional