PENURUNAN ERROR PROSES DATA WARRANTY DI PT. ADM MENGGUNAKAN METODE PDCA (STUDI KASUS : PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR, JAKARTA)

ALIF CHOLISANA

Abstract


Dalam industri manufaktur, produktivitas suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan dalam menjalankan proses produksi secara efektif dan efisien. Semakin efisien suatu perusahaan, maka semakin sedikit “muda” (pemborosan) yang ditimbulkan karena proses tersebut. Warranty claim  adalah merupakan salah satu bagian dari proses yang ada dalam PT. Astra Daihatsu Motor dimana untuk mengumpulkan data keluhan dari pelanggan terkait dengan produk kendaraan yang dibeli. Proses warranty claim  pada dasarnya dilakukan oleh sistem komputer yang diciptakan agar proses lebih cepat dan akurat. Dalam melakukan proses tersebut masih banyak ditemukan error  yang menyebabkan tingkat akurasinya menjadi tidak bagus. Analisa difokuskan pada tingkat akurasi sistem dalam melakukan judgment yang dalam penyesuaiannya dengan menggunakan prinsip PDCA sebagai sarana communication tool antara proses terkait agar supaya permasalahan bisa terselesaikan. Berdasarkan perbaikan dengan metode tersebut error  berhasil ditunkan dari 4,2% menjadi 2,1%.  


Keywords


Continues Improvement; Kaizen; Toyota Way; Warranty

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PASTI
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

  

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats