PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN PEMAHAMAN INTERNET SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAKARTA JATINEGARA

Suprayogo Suprayogo, Mohammad Hasymi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan pemahaman internet sebagai variabel moderasi di KPP Jakarta Jatinegara. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Jakarta Jatinegara yaitu sebanyak 100.939 wajib pajak orang pribadi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Jakarta Jatinegara dengan menggunakan metode purposive sampling.Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis satu dan Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem e-filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Pemahaman internet merupakan pure moderator dan memiliki pengaruh positif terhadap hubungan antara penerapan sistem e-filing dengan kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Keywords


sistem e-filing; kepatuhan wajib pajak; pemahaman internet



DOI: http://dx.doi.org/10.22441/profita.2018.v11.02.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Profita : Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan

Portal ISSNPrint ISSN: 2086-7662
Online ISSN: 2622-1950

Creative Commons License
The Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan and its articles is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tim Editorial Office
Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan

Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta-11650
Telp.021-5840816 Ext. 5302, Fax. 021-5871312
Jakarta
Email. ([email protected]).
Website. (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/profita)