PENGARUH TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN MODERATING (Studi Empris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Manangar Julianto Panjaitan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) menemukan bukti empiris pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas; 2) menemukan bukti empiris mengenai tingkat profitabilitas yang dapat memoderasi hubungan antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel menggunakan metode purposive. Tekhnik analisis menggunakan path analysis dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan: 1) variabel corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas; 2) variabel profitabilitas yang diukur oleh ROA ( Return On Asset) menunjukan tidak dapat memoderasi pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan

 

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Persusahaan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/tekun.v6i1.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEKUN: Jurnal Telaah Akuntansi dan Bisnis [p-ISSN 2085-8752 | e-ISSN 2622-1470]
Magister Akuntansi, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/tekun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats