POLA PEMANFAATAN RUANG KORIDOR JALAN OLEH OJEK ONLINE (Studi kasus: Depan Kampus I UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan)

Eli Lamria, Tin Budi Utami

Abstract


Perkembangan teknologi membuat kehidupan manusia semakin mudah, termasuk juga dalam hal transportasi. Transportasi berbasis online, meskipun menjadi pilihan bagi masyarakat namun bukan berarti tanpa kendala.  Salah satu kendala yang dihadapi ojek online yaitu lahan parkir untuk menunggu penumpang. Para pengemudi harus mencari tempat - tempat yang ramai yang banyak terdapat mobilitas manusia seperti sekolah, kampus, pusat perbelanjaan, pasar tradisional dan lain lain dimana tempat-tempat tersebut sangat minim lahan untuk parkir, maka yang sering dilakukan oleh para pengemudi ojek online adalah menunggu penumpang secara berkelompok dengan rekan seprofesi dan memakai tempat yang tidak seharusnya untuk berhenti atau parkir. Penelitian ini membahas tentang pola aktifvitas yang dilakukan oleh pengemudi ojek online pada saat menaikkan, menurunkan dan menunggu order penumpang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pola aktivitas berdasarkan waku dan memetakannya sehingga mudah dipahami. Penelitian ini juga membahas kaitan ojek online dengan sisi arsitektural yaitu pengaruh setting fisik lingkungan dengan pola aktifitas ojek online. Pada kesimpulan akan disampaikan poin utama dari penelitian yang dilakukan sehingga dapat menjelaskan secara padat penelitian yang telah dilakukan.

 

The development of technology makes human life easier, including also in terms of transportation. Online-based transportation, although popular in the community but it does not mean without obstacles. One of the obstacles faced by an online motorcycle taxi is parking lot to wait for passengers. Drivers should look for crowded places where there is a lot of human mobility such as schools, campuses, shopping centers, traditional markets and other places where there is very little parking space, so often the drivers of online motorcycle taxi are waiting for passengers in groups and use places that are not supposed to stop or park. This study discusses the pattern of activities conducted by online motorcycle taxi drivers at the time of pick up, lowering and waiting for passenger orders. Research is done to know the pattern of activity based on time and mapping so easily understood. This study also discusses the relationship of online motorcycle taxis with the architectural side that is the effect of physical environment settings with the pattern of online motorcycle taxis activities. At the conclusion will be stated the main points of research conducted so as to explain the solid research that has been done.


Keywords


Pemanfaatan; Koridor Jalan; Ojek Online; Utilization; Road Corridor; Online motorcycle taxi

References


Susantoro, Bambang & Danang Parikesit. (2004). 1-2-3 Langkah: Langkah Kecil yang Kita Lakukan Menuju Transportasi yang Berkelanjutan, Majalah Transportasi Indonesia, Vol. 1, Jakarta, 2004:89-95.

Muhammad, Abdulkadir. (1998). Hukum Pengangkutan Niaga, Citra Aditya Bakti, Bandung, hlm. 7.

Salim, Abbas. (2000). Manajemen Transportasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2000, hlm. 45.

Safrida. (2011). Transportasi Informal: Sebuah Solusi Tanpa Adanya Regulasi. Sumber: Urban and Regional Development Institute (URDI). 2005. “Kebijakan dan Tindakan Pemerintah Kota untuk Ekonomi Informal di Beberapa Kota di Indonesia. Jakarta: International Labour Office (ILO). (http://moo-ach.blogspot.co.id/2011/09/transportasi-informal-sebuah-solusi.html, diakses tanggal 27 Maret 2018)

Tito Susan Bella. Ragam Aspek Transportasi Informal (http://mediacerita.com/ragam-aspek-transportasi-informal/, diakses tanggal 27 Maret 2018)

Diah. (2016). 12 Jenis Ojek yang hanya ada di Indonesia (https://www.boombastis.com/jenis-ojek-indonesia/58322 diakses tanggal 27 Maret 2018)

Hariyanto. Pengertian Transportasi online (http://belajarpsikologi.com/pengertian-transportasi-online/ diakses 27 Maret 2018)

Sution Usman Adji, Djoko Prakoso. (1990). Hukum Pengangkutan di Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta, hlm. 6-7

Rozi, Fakhrul. (2017). Pengertian Ojek online.(https://www.suduthukum.com/2017/03/ojek-online.html?m%3D1&hl= id-IDdiakses tanggal 31 Maret 2018)

Listiorini. (2018). 10 Aplikasi Ojek online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Di Indonesia (https://carisinyal.com/aplikasi-ojek-online/ diakses tanggal 27 Maret 2018)

https://www.kbbi.web.id diakses tanggal 1 April 2018

Flazh, Flazh. (2016). Cara Sign up Go-jek/cara membuat akun Go-jek (https:// www.Gojak gojek.com/ 2016/ diakses tanggal 27 Maret 2018)

Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kuntarbiko, Wahyu. (2017). Pemanfaatan Koridor Jalan Oleh Ojek online, Study Kasus: Koridor Jalan Kampus Mercu Buana. Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana.

Sarwadi, Ahmad & Bambang Hari Wibisono. (2013). Proses Menempati dan Kecenderungan Penggunaan Ruang Pada Area Perdagangan Informal - Sebuah Kajian dengan Kasus pada Area di Tepian Selokan Mataram, Dukuh Karangasem, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Staf Pengajar Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Jurnal Arsitektur & Perencanaan, Vol. 6 No. 1, April 2013.

McGee, T.G and Y.M. Yeung. (1977). Hawkers in Southeast Asian Cities, Planning for the Bazaar Economy. Ottawa: IDRC.

Widjajanti, Retno. (2000). Penataan Fisik Kegiatan Pedagang Kaki Lima Pada Kawasan Komersial Di Pusat Kota (Studi Kasus: Simpanglima Semarang). Tesis Tidak untuk diterbitkan. Semarang: Magister Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Bandung.

Widjajanti, Retno. (2012). Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Ruang Kota (Studi Kasus: Kawasan Pendidikan Tembalang, Kota Semarang). Biro Penerbit Planologi, UNDIP. Volume 8 (4): 412‐424 Desember 2012.

Kompas. (2018). Intervensi Pusat Dinanti (RTS/ARN/HLN/MED/DD17). Kompas, 3 April 2018.

Kompas online. (2018). Diakses tanggal 4 Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2018.v8i1.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Layout Jurnal Vitruvian: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/1902


Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : arsitektur@mercubuana.ac.id
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

Untuk respon cepat dapat menghubungi pengelola
Christy Vidiyanti
08567535557