KECENDERUNGAN ISI RUBRIK SURAT PEMBACA DI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT

Henny Sri Mulyani. R

Abstract


Abstrak : Rubrik Surat Pembaca merupakan layanan publik yang disediakan pihak surat kabar
kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecenderungan isi surat
pembaca di Harian Umum Pikiran sebagai bentuk umpan balik (feedback) yang tertunda.
Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan kategori terdiri dari: kuantitas, jenis isi
pesan, tujuan lembaga dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan jumlah surat pembaca
yang dimuat Pikiran Rakyat selama Desember 2013 adalah sebanyak 112 surat. Rata-rata surat
pembaca yang dimuat antara tiga hingga enam buah surat bergantung pada panjang-pendek surat
dari pengirim. Identitas pengirim umumnya beralamat lengkap disertai nomer telepon yang dapat
dihubungi. Jenis surat pada umumnya berupa pemaparan kasus yang meminta tanggapan pihak
terkait. Jenis kasus sangat beragam tetapi umumnya berkaitan dengan kualitas layanan publik
oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Surat yang dimuat memerlukan waktu 7 sampai
dengan 14 untuk menerima tanggapan dari pihak yang dituju. Namun ada pula yang sama sekali
tidak menerima tanggapan apapun. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa isi surat
pembaca cukup beragam.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v13i1.359



Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50