Penentuan Prioritas Penggantian Uang Bahan Bakar Minyak Dengan Metode Naive Bayes

Dyah Ayu Anandra, Rd. Nuraini Siti Fathonah

Abstract


Dalam suatu instansi untuk pencatatan bahan bakar minyak dan penentuan prioritas supir yang akan diganti uangnya terlebih dahulu sangat krusial. Permasalahan yang dihadapi oleh PT.XYZ adalah kesulitan dalam mengklasifikasikan supir yang harus mendapat penggantian uang terlebih dahulu. Saat ini untuk pengklasifikasian yang dilakukan hanya mengandalkan pengolahan data dan pengurutan dengan Microsoft Excel. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti Human Error ataupun redudansi maka sistem ini dibangun. Dengan metode naïve bayes membantu agar dapat menentukan prioritas supir yang akan mendapat uang ganti bahan bakar minyak (BBM). Metode pengklasifikasi Naive Bayes adalah pengklasifikasi statistik yang dapat memprediksi probabilitas keanggotaan kelas dari kelas tertentu berdasarkan perhitungan probabilitas.  Berdasarkan hasil akhir yang telah dilakukan dengan mengambil beberapa semple dari beberapa data training maka akurasi untuk menentukan prioritas supir penggantian bahan bakar minyak (BBM) adalah 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode naïve bayes keakuratannya sangat tinggi untuk menentukan prioritas penggantian uang bahan bakar minyak (BBM) untuk supir.


Keywords


Naïve Bayes, BBM, Supir

Full Text:

PDF

References


A. Kurniawan and D. Awalludin, "Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kendaraan Operasional Berbasis Web Pada PT RODA PEMBINA NUSANTARA," Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi , Vols. 14, No.1, pp. 16-23, 2019.

K. A. Fatah and M. Jamil, "MANAJEMEN DAN ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WEB MOBILE PADA," JURNAL PUBLIKASI EKONOMI DAN AKUNTANSI, Vols. 1, No. 1, 2022.

R. D. Firdaus, "Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Klasifikasi Kinerja Pegawai Pada Sistem Informasi Kepegawaian," Tasikmalaya. Universitas Siliwangi, 2017.

U. Pauziah, "Analisis Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Algoritma Naive Bayes (Studi Kasus PT. XYZ)," 2017.

Y. M. Firdaus, "PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENGKLASIFIKASI TINGKAT PRESTASI AKADEMIK SANTRI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) BAITUL JANNAH MALANG," JATI: Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika , Vols. 3, No.1, 2019.

M. Farid and D. itrianah, "Rekomendasi Pemilihan Restoran Berdasarkan Rating Online Menggunakan Algoritma C4. 5," InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, vol. 11, pp. 9-22, 2021.

Harahap, Fitriana , "Penerapan Data Mining Dengan Algoritma Naive Bayes Classifier Dalam," Jurnal Ilmiah Informatika, 2021.

H. J. Damanik, E. Irawan, I. S. Damanik and A. Wanto, "Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Penentuan Resiko Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor," Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), pp. 501-511, 2019.

A. Ridwan, "PENERAPAN TEKNIK BAGGING PADA ALGORITMA NAIVE BAYES DAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGATASI KETIDAKSEIMBANGAN KELAS," Jurnal Bisnis Digitasl dan Sistem Informasi, Vols. 1, No.1, 2020.

D. Normawati and S. A. Prayogi, "Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter," Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) , Vols. 5, No. 2, pp. 697-711, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v12i3.14900

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: [email protected]
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id

pISSN: 2085-4811
eISSN: 2579-6089
Jurnal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Incomtech
Jurnal DOI: 10.22441/incomtech

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional

.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: