ANALISIS RESEPSI PENONTON PADA KONTEN REVIEW APPLE IPHONE PADA CHANNEL YOUTUBE “GADGETIN”

Muhammad Andricko Rizky Fasha, Aditya Rizky Gunanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan penonton terhadap pesan review Apple iPhone dalam channel YouTube GadgetIn. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall yang menempatkan informan pada posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Paradigma yang digunakan merupakan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dengan 7 informan sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat informan yang berada pada posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Terlihat bahwa posisi dominan hegemoni yang paling unggul, artinya khalayak yang berada pada posisi dominan bisa menerima seutuhnya bahwa dalam tayangan konten review Apple Iphone memang mengangkat mengenai ulasan perbandingan Apple Iphone di dalamnya. Pemberian review oleh GadgetIn berhasil memberikan informasi spesifikasi, keunggulan dan kekurangan, dan testimoni, terkait Apple Iphone. Posisi negosiasi ditunjukkan khalayak bahwa menerima konten review, tetapi terdapat pendapat pribadi mengenai preferensi individu, penjelasan kekurangan produk, kekurangan produk bervariasi sesuai dengan kebutuhan individu. Dalam posisi oposisi khalayak menolak apa yang dikonstruksikan, bahwa penjelasan spesifikasi kamera tidak cukup rinci dan tidak individual untuk setiap kamera iPhone.


Keywords


Analisis Resepsi, YouTube, Konten Review

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/bmw.v16i02.29016

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/bmw.v16i02.29016.g8861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341