Cover Image

PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK PINTAR DENGAN MIKROKONTROLER UNTUK SISW/I SMK YMIK JOGLO

Rinkapati Swatriani

Abstract


Mengangakat tema “Beyond Creative Limited”, tim dosen Desain Produk Universitas Mercu Buana memberi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masa perekembangan teknologi ini, yaitu dengan tetap produktif dan kreatif dalam berkegiatan bagi siswa/i SMK YMIK Joglo. Salah satu kegiatan tersebut adalah membuat pembuatan produk pintar dengan mikrokontroler yang dapat meningkatkan pengetahuan ilmu teknologi. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di SMKYMIK Joglo ini menggunakan alat-alat yang dapat didapatkan dengan agar siswa/i tidak mengalami kesulitan saat ingin berkreasi sendiri, seperti Ardunio, sensor, bread board, dan alat-alat lain sesuai dengan kebutuhan. Selain itu tutorial membuat produk dengan mikrokontroler juga banyak ditemukan. Tujuan dari kegiatan Siswa/i SMK YMIK belum mengetahui bagiamana proses pembuatan produk dengan mikrokontroler yang dapat meningkatkan pengetahuan ilmu teknologi mereka. Serta membuka peluang usaha baru.

Keywords


Kreatif; Teknologi; Mikro Kontroler; Produk; Arduino

Full Text:

PDF

References


A. Kadir, Abdul. (2018). Arduino dan Sensor Tuuntunan Praktis Mempelajari Penggunaan Sensor Untuk Aneka Proyek Elektronika Berbasis Arduino. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Mühlhäuser, M. (2008). Smart Products: An Introduction, in Constructing Ambient Intelligence, M. Mühlhäuser, A. Ferscha, and E. Aitenbichler, Editors. Springer Berlin Heidelberg. p. 158-164.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/dewanagari.2023.v1.i1.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.