Cover Image

KEGIATAN SOSIALISASI MENSIASATI PENATAAN DEKORATIF RUANG SEBAGAI AREA ZOOMABLE WORKSPACE DIMASA PANDEMI PADA SISWA YMIK JAKARTA BARAT

Rr Chandrarezky Permatasari, Rachmita Maun Harahap, Tunjung Atmadi

Abstract


Awal tahun 2020, seluruh dunia dikejutkan dengan fenomena pandemik covid-19 hingga berlangsung sampai saat ini. Fenomena ini berdampak pada kehidupan sosial masyarakat yang menjadikan segala aktivitas bekerja, bersekolah dilakukan dari rumah secara online (daring). Dengan perubahan gaya hidup 2 tahun belakangan ini, menjadikan masyarakat semakin menghargai ruang dan akan terus memaksimalkannya. Sehingga kebutuhan kenyamanan, keindahan tata ruang kerja di rumah atau home office dan ruang belajar dirumah untuk kebutuhan bekerja dan bersekolah secara online dari rumah menjadi hal yang sangat penting agar pengguna ruang bisa fokus dan konsentrasi bekerja dan belajar. Untuk menghindari stress dan kejenuhan aktivitas bekerja dan bersekolah dari rumah, oleh karena itu perlu adanya penataan tata letak perabot, memaksimalkan pemanfaatan sudut ruang untuk tempat bekerja dan bersekolah baik indoor dan outdoor pada area hunian sebagai area alternatif tempat zoomable workspace. Aspek keberlanjutan penggunaan material, fungsi, efisiensi saat ini memegang peranan penting dalam desain furniture dan ruang. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dengan peserta dan pengurus YMIK (Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan) membahas bagaimana dampak covid-19 mengubah konsep kreativitas dalam penataan furniture sebagai area bekerja dan bersekolah dari rumah dengan mensiasati penataan dekoratif ruang agar dimanfaatkan secara maksimal sebagai zoomable workspace. Perubahan setting maupun dinamika aktifitas penghuni didalam rumah tinggal juga dipengaruhi kebutuhan citra ruang dalam menjalin relasi sosial melalui daring dimasa pandemi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini, diharapkan peserta menjadi lebih kreatif menata dalam konteks adaptasi dekorasi huniannya terutama penataan dekoratif pada area bekerja dan belajar dari rumah selama daring agar dapat difungsikan secara maksimal dengan memperhatikan estetika dan keindahannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya secara psikologis sehingga bisa lebih fokus dan bersemangat melakukan aktivitas kerja dan belajar secara online atau daring dari hunian rumah tinggal.

Keywords


Penataan Ruang; bekerja dari rumah; adaptasi; covid-19

Full Text:

PDF

References


Amaliya, M. B. (2019). Perancangan Ruang Kerja dengan Konsep Nature Blend. (Vol. 2).

Ariyani, I. (2020). Penyesuaian Setting Ruang Untuk Bekerja Dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19.,. 8(1), 9-2.

Ching, F. D. (2011). Edisi Kedua Desain Interior dengan Ilustrasi. Jjakarta: Permata Puri Media.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja jarak jauh (telecommuting): konsep, penerapan dan pembelajaran. . Bappenas Working Papers, 3(1), 1-32.

Putri, A. W. (2020, Agustus Rabu ). Polusi : Pangkal kematian akibat Covid 19 dan Kanker Paru. (W. Jusuf, Ed.)

Rapoport, A. (1990). Systems of activities and systems of settings” dalam Kent, Susan (Ed.). Domestic Architecture and The Use of Space: An Interdisciplinary Cross-Cultural Study.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.