Cover Image

PENINGKATAN MOTORIK ANAK MELALUI MOTIF BATIK CAP PADA GORDEN DI PAUD DARUL MUKMININ JOGLO

Nina Maftukha

Abstract


Perkembangan motorik adalah proses perkembangan kemampuan gerak seorang anak. Perkembangan ini sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak. Setiap gerakan merupakan hasil pola interaksi yang kompleks dari sistem dalam tubuh yang dikontrol oleh otak. Kegiatan pengembangan motoric halus anak PAUD bertujuan untuk melatih perkembangan koordinasi antara mata dan tangan. Hal tersebut penting karena pengembangan motorik halus akan berpengaruh terhadap kesiapan anak dalam menulis dan melatih koodinasi mata yang akan berpengaruh pada persiapan membaca awal pada anak. Pelatihan ini menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan diskusi. Dalam pengabdian ini, penulis merancang 50 desain cap batik sederhana menggunakan material yang aman untuk ana-anak. Material tersebut adalah kertas daur ulang dengan ketebalan 0,3 cm, dilapisi kain flannel, dan Styrofoam. Pada tahap awal kegiatan, anak diminta untuk memilih lima desain cap motif yang akan diaplikasikan pada kain. Anak harus bersosialisasi mandiri dengan teman sekelasnya apabila ingin menggunakan lebih dari 5 jenis motif. Hal tersebut untuk melatih perkembangan motorik halus dan koordinasi gerak, merangsang rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas. Pemilihan dan Teknik pencampuran warna merangsang daya imazinasi dan eksploratif anak. Hasil karya disusun berupa gorden yang estetik. Setelah karya selesai, masing-masing anak mempresentasikan hasil karyanya, kemudian mendisplay karya dibantu oleh instruktur. Kegiatan ini telah berhasil 95%, anak-anak begitu antusias dalam berkarya dari awal sampai akhir dengan menghasilkan karya yang luar biasa.

Keywords


Cap; motif; Batik; Anak; Motorik

Full Text:

PDF

References


Maftukha, N. (12 Juli 2010). Seni motif cap pada kain. Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan-Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Rokhmat, N. (1997). Cetak Tinggi: Cukil Kayu Sebagai Corak dalam Seni Grafis, dalam Jurnal Media no.1 Th.XX. Semarang: FPBS IKIP Semarang.

Smith, N. R. (1983). Experience and Art. Teaching Children to Paint. ISBN: ISBN-0-8077-2700-8.

Sastra, M. O. (2007). Modul Pembelajaran Seni Grafis I. Bandung: FPSD UPI Bandung.

Susanto, M. (2002). Diksi rupa: kumpulan istilah seni rupa. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.