SISTEM INFORMASI LAPORAN PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT PELANGGARAN LALULINTAS ANGKUTAN JALAN BERBASIS WEB DI SATUAN PELAKSANA KECAMATAN TEBET SUKU DINAS PERHUBUNGAN JAKARTA SELATAN

Bayu Canniago

Abstract


Di era teknologi komunikasi yang semakin berkembang, menjadikan kemudahan tersendiri bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan berbagai permasalahan. Permasalahan pelanggaran lalulintas angkutan jalan yang marak mengakibatkan kendala dalam berkendara yaitu kemacetan. Hal inilah yang menjadikan Pemerintah khususnya instansi Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan solusi serta penindakan sesuai hukum kepada para pelanggar tersebut. Salah satunya yaitu dengan menggunakan sistem informasi layanan pengaduan masyarakat berbasis di tiap sektor kecamatan wilayah Kota Administrasi. Tujuan pembuatan sistem informasi berbasis web adalah sebagai sarana pelaporan dari masyarakat, memudahkan proses penindakan pelanggaran lalulintas angkutan jalan serta membantu masyarakat dalam hal memperoleh data informasi yang berhubungan dengan transportasi. Survei dan observasi menjadi salah satu metode pembuatan sistem informasi ini dimana terlihat begitu banyak masyarakat yang melapor secara lisan terkait pelanggaran lalulintas. Kesimpulan dari penulisan, penelitian serta pembuatan sistem informasi ini adalah pembuatan sistem informasi laporan pengaduan masyarakat berbasis web ini memudahkan dan efektif dalam meningkatkan mutu dan pelayanan laporan pengaduan masyarakat dalam hal lalulintas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.