SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KOMUNITAS MAHASISWA DI UNIVERISTAS MERCU BUANA KRANGGAN BERBASIS WEB

Muhammad Fakhri, Rangga Prasetyo Ridwan Yusuf Wicaksono, Purti Sukmafidyah

Abstract


Universitas Mercu Buana mempunyai sarana yang bernama Komunitas Mahasiswa yang berguna menampung minat dan bakat mahasiswa. Sarana tersebut ada untuk memfasilitasi segala kegiatan seperti hobi, olah raga, sosial budaya dan lain sebagainya. Saat ini sistem pendaftaran dan pengelolaan data komunitas masih berjalan manual. Mahasiswa mendapatkan informasi dari poster/selembaran yang ditempel di majalah dinding kampus. Dan untuk menjadi anggota dari sebuah komunitas maka mahasiwa harus mengisi formulir yang terlebih dahulu. Karena itu diperlukan suatu sistem khusus yaitu sistem berbasis website yang bisa memfasilitasi mulai dari pendaftaran, penyampaian informasi mengenai komunitas serta pengelolaan data komunitas baik untuk anggota maupun pengurus. Sistem ini dirancang menggunakan metode pemodelan UML, pemodelan struktur data sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan database MySQL.


Full Text:

PDF

References


Arfianto Wahyu Pratama, Ardiansyah Dores. 2018. Sistem Informasi Pencarian Pengepul Barang Bekas Di Kota Tangerang Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. 9(1). ISSN : 2089-0265.

Elmayati. 2016. Aplikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pada STMIK Mura Lubuklinggau Berbasis Web. STMIK Mura Lubuklinggau.8(1). Ifan Sadewa, Kondar Siahaan. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Berbasis Web Pada Universitas Batanghari. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. 1(2). ISSN : 2540-8011.

Meidyan Permata Putri. 2016. Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa STMIK Palmotech. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis dan Desain. STMIK Politeknik PalComTech.

Muzi Burrakhman, Indah Fitri Astuti, Dyna Marisa Khairina. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Donor Darah Berbasis Web (Studi kasus : Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Universitas Mulawarman. Jurnal Informatika Mulawarman). 11 (1).

Prasetyo,Eko. 2008. Pemrograman Web PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu. Hal 19.

Pressman R. S., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi 7 Buku 1), Andi, Yogyakarta.

Puji Ratwiyanti, Rahman Rosyidi. 2018. Arsitektur Knowledge Management System Bagi UKM dan ORMA di STMIK AMIKOM PURWOKERTO. Jurnal Pro Bisnis. 11(2). ISSN : 1979 – 9258.

Sofian Sauri, Agus Triharyono, Indah Fitri Astuti, Dyna Marisa Khairina, Dedy Cahyadi. 2015. Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Mulawarman Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman. 10(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.