UPAYA PERBAIKAN PROSES BISNIS MELALUI PENILAIAN RISIKO DI PT. XYZ

Ismail Sholeh, Doddy Lombardo, Dian Eko Adi Prasetio

Abstract


Disektor usaha kecil menengah khususnya disektor industri batu bata merah manajemen risiko itu sendiri belum banyak diterapkan. Pada perusahaan ini setelah dilakukan wawancara pada pemilik PT. XYZ diketahui memiliki beberapa ancaman dari proses bisnis yang dijalankan. Terdapat kesalahan atau kegagalan pada setiap proses bisnis yang dapat berdampak negatif bagi perusahaan. Kerugian yang terjadi ini terkadang terjadi secara berulang. Sehingga perlu dilakukannya penilaian risiko serta mencari penyebab akar terjadinya kesalahan atau kegagalan yang terjadi dan memberikan usulan pengendalian guna meminimalisir kerugian akan terjadi akibat kesalahan atau kegagalan pada setiap proses bisnis. Tujuan penelitian ini memberikan usulan tindakan rekomendasi konkrit guna mengoptimalkan proses bisnis melalui penilaian risiko dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat kegagalan atau kesalahan yang termasuk risiko dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang-tinggi, sedang-rendah, rendah. Setelah dilakukan penilaian risiko berikutnya menentukan upaya perbaikan pada proses bisnis yang meliputi engineering control, dan administrative control.

 

  Kata kunci: Batu bata, FMEA, Penilaian, Perbaikan, engineering, administrative control

Full Text:

PDF

References


Blanc Alquier, A. M., & Lagasse Tignol, M. H. (2006). Risk management in small-and medium-sized enterprises. Production Planning & Control.

Djohanputro, B. (2008). Manajemen risiko korporat. Jakarta: PPM.

ISO Central Secretariat (2015). ISO 9001 : 2015 Quality Management Systems. Geneve : ISO

ISO Central Secretariat (2019). ISO 31010 : 2019 Risk Assessment Techniques. Geneve : ISO

ISO Central Secretariat (2018). ISO 31000 : 2018 Risk Management Guidelines. Geneve : ISO

Puspitasari, N. B., & Martanto, A. (2014). Penggunaan FMEA dalam mengidentifikasi resiko kegagalan proses produksi sarung ATM (Alat Tenun Mesin)(Studi kasus PT. Asaputex Jaya Tegal). J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri.

Sufa, M. F., & Khoiriyah, U. (2017). Manajemen Risiko Proses Produksi Gula dengan Metode Failure Mode Effect and Analysis. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri.

Susilo, L. J. (2018). Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000: 2018: Panduan untuk Risk Leaders dan Risk Practitioners. Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.