Perancangan Maintenance Scorecard dan Penentuan Prioritas Key Performance Indicator dengan Metode Analitycal Hierarcy Process pada Industri Otomotif (Studi Kasus: PT. X)

Fatimah Dian Ekawati

Abstract


Pengukuran kinerja digunakan secara luas oleh unit-unit bisnis dan industri  untuk mengakses kemajuan atau progres dari rancangan tujuan dan sasaran secara kuantitatif untuk mencapai keefektifan dan efisiensinya. Pengukuran kinerja memberikan informasi yang dibutuhkan manajemen untuk pengambilan keputusan yang efektif. Pengukuran kinerja maintenance menjadi elemen penting dari pemikiran strategis bagi pemilik aset dan pengelola aset. Maintenance Scorecard adalah suatu pendekatan yang didesain untuk membantu dalam pembuatan dan pengimplementasian strategi dalam pengelolaan aset-aset perusahaan, diaplikasikan melalui suatu hirarki tujuan atau pendekatan yang terstruktur melalui tiga level fundamental yaitu corporate, strategic dan functional. MSC melalui tiap indikator yang kuantitatif dalam tiap level perusahaan mengukur performa dalam asset management tentang apa yang dilakukan, bagaimana kinerja selama ini dan bagaimana performa setiap tindakan yang sudah dilakukan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Terdapat 6 perspektif pengukuran performa dalam Maintenance Scorecard yaitu productivity, cost effectiveness, safety, environmental dan learning perspective. Penelitian ini dilakukan untuk merancang Maintenance Scorecard pada PT. X sebagai perusahaan otomotif. Hasil rancangannya adalah adanya usulan hirarki indikator (KPI) dari setiap level perusahaan yang terbagi dalam tiap perspektif Maintenance Scorecard. Dari 6 perspektif pada MSC dihasilkan sebanyak 18 usulan indikator performa yang relevan, yang terbagi menjadi : 4 indikator productivity, 5 indikator cost effectiveness, 3 indikator safety, 2 indikator quality, 2 indikator environmental dan 2 indikator learning perspective. KPI yang dihasilkan dari rancangan Maintenance Scorecard kemudian dibobotkan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan software super decision. Keluaran dari software adalah urutan prioritas KPI.


Keywords


Maintenance Scorecard; Key Performance Indicators; Analitical Hierarchy Process

Full Text:

PDF

References


Daryl Mather, The Maintenance Scorecard: Creating Strategic Advantage, Industrial Press, New York, 2005.

Mike Cowley, Maintenance Scorecards : Measure What You Manage, IMPO, 2005

Lawrence Mann, Jr, Maintenance Management, D. C. Heath and Company, Canada, 1976,

Ricky Smith, KPI: Leading or Lagging and When to Use Them. 2005

Anthony McNeeney, Meridium, Selecting the Right Key Performance Indicators, Maintenance Technology, 2004

Saaty,Thomas L,1996,Decision Making with Dependence and Feedback : The Analytic Network Process,RWS Publication,USA

G. Dessler, Human Resource Management, 10th Edition, Florida: Pearson Prentice-Hall, Inc., 2005.

D. Mather, The Maintenance Scorecard Creating Strategic Advantage, New York: Industrial Press, 2005.

Edison, Antares Alfa, 2016, Perancangan Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard dan Penentuan Prioritas Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus pada PT. Andromeda Galacticorp Surabaya), http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52851

Mufrida, Merry.z dan Vera Dila, 2017 Perancangan Maintenace Scorecard dan Penentuan Key Performance Indicator (KPI) untuk Performance Measurement (Studi Kasus pada Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro Lubuk Gadang), https://snti2017.industri.unimal.ac.id/images/proceeding/013_Mufrida_Meri.pdf

Susanty et al., Analisa Pemilihan Pemasok dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di PT X, SNTI III-2012 Universitas Trisakti, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2020.v9.i2.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats