Data Mining Pengolahan Data Calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan Penerapan Metode Klustering K-Means dan Metode Klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN): Studi Kasus PT. SAM

Dedy Dedy, Anis Cherid

Abstract


Informasi adalah suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk melaksanakan proses bisnisnya secara efektif dan efisien. Informasi dapat diperoleh dari hasil pengolahan data, salah satunya adalah dengan proses Data Mining. Data Mining dapat menggali dan mengolah data menjadi suatu informasi yang sangat penting dan berguna yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Clustering menganalisis objek data dimana label kelas tidak diketahui dan dapat digunakan untuk menentukan label kelas tidak diketahui dengan cara mengelompokkan data untuk membentuk kelas baru. Klasifikasi adalah proses menemukan model (fungsi) yang menjelaskan dan membedakan kelas-kelas atau konsep, dengan tujuan agar model yang diperoleh dapat digunakan untuk memprediksikan kelas atau objek yang memiliki label kelas tidak diketahui. Metode clustering diterapkan dalam penelitian ini untuk menghasilkan kelompok (kluster) data yang dapat menggambarkan pola kemiripan karakteristik data atribut penilaian kualitatif penentu dan data atribut lamanya waktu Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) tersebut dari perekrutan sampai dengan berangkat ke luar negeri untuk bekerja (perhitungan waktu dari tanggal masuk Balai Latihan Kerja (BLK) dan tanggal keberangkatan). Sedangkan Metode klasifikasi KNN diterapkan untuk mengolah dataset hasil pengolahan K-Means sebelumnya dengan tujuan untuk menghasilkan pola klasifikasi data dalam memprediksi klasifikasi nilai atribut data pendukung CPMI baru.

Keywords


Clustering; Classification; CPMI;K-Means; KNN

Full Text:

PDF

References


Winda Aprianti & Jaka Permadi (2018). K-Means Clustering Untuk Data Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Di Kecamatan Pelaihari. Jurnal: Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(5), 613-620.

Siti Monalisa (2018). Klasterisasi Customer Lifetime Value Dengan Model LRFM Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal: Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2), 247-252.

Indivar Shaik, Swapna Suhasini Nittela, Trayabak Hiwarkar & Srinivas Nalla (2019). K-means Clustering Algorithm Based on E-Commerce Big Data. Jurnal: International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 8(11), September 2019.

Xianglong Luo, Danyang Li, Yu Yang, and Shengrui Zhang (2019). Spatiotemporal Traffic Flow Prediction with KNN and LSTM. Jurnal: Journal of Advanced Transportation, Volume 2019, Article ID 4145353, 10 pages.

Zhuo Chen, Lan Jiang Zhou, Xuan Da Li, Jia Nan Zhang, and Wen Jie Huo (2019). The Lao Text Classification Method Based on KNN. Jurnal: 3rd International Conference on Mechatronics and Intelligent Robotics (ICMIR-2019).

Ida Farida dan Spits Warnars Harco Leslie Hendric (2019). Prediksi Pola Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Teknik Data Mining Classification Emerging Pattern. Jurnal: Jurnal Petir Vol. 12, No. 1, Maret 2019, P-ISSN 1978-9262, E-ISSN 2655-5018.

Pangestu, Daniel Harry (2019) Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Penjurusan Sekolah Menengah Atas Pada Sman 5 Kota Jambi Dengan Menggunakan Algoritma Naãive Bayes Classifier. Skripsi Thesis, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.

Diky Firdaus (2017). Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jurnal: Jurnal Format Volume 6 Nomor 2 Tahun 2017 :: ISSN : 2089 -5615.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2020.v9.i2.008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats