Perancangan Arsitektur Microservices Untuk Resiliensi Sistem Informasi Perpustakaan Pusat (Studi Kasus UPN Veteran Jakarta)

Alif Garindra, Theresia Wati, I Wayan Widi P

Abstract


Sebuah sistem informasi yang baik, selain memberikan kemudahan dalam melayani informasi, namun juga tahan akan adanya gangguan.  Akhir ini sedang marak sebuah arsitektur yang dipercaya dapat memberikan kemudahan dalam scalability,agility,resiliency,manageability. Arsitektur tersebut adalah arsitektur microservice, dirancang untuk membagi service lebih kecil dan terstruktur guna meningkatkan kualitas sistem informasi. Pada sistem informasi perpustakaan pusat di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, arsitektur ini belum digunakan dan masih menggunakan arsitektur monolitik. Yaitu sebuah arsitektur yang semua komponen dibuat menjadi sebuah kesatuan. Artinya untuk pengembangan, pemeliharaan, dan resiliensi dari sistem tersebut akan lebih sulit dan memakan waktu karena dalam proses pengkodingan frontend dan backend di satu services yang sama. Untuk menjawab permasalahan yang telah disebutkan, peneliti ingin merancang arsitektur microservice yang akan digunakan dalam sistem informasi perpustakaan pusat dengan menggunakan metode waterfall untuk membuat arsitektur microservice, Node.js sebagai pembuat server, REST API sebagai standar pertukaran data dan penghubung antar services, Docker sebagai container dan Mongodb sebagai database NoSQL.


Keywords


Arsitektur Microservices; Node.js; RESTful API; Perpustakaan; Mongodb

Full Text:

PDF

References


R. Y. Pratama, "microservices apaan tuh," 11 October 2019. [Online]. Available: https://medium.com/codelabs-unikom/microservices-apaan-tuh-b9f5d56e8848.

H. Suryotrisongko, "Arsitektur Microservice untuk Resiliensi Sistem Informasi," Jurnal Sisfo Vol. 06 No. 02, pp. 236-248, 2017.

R. &. D. I. Mufrizal, "Refactoring Arsitektur Microservice Pada Aplikasi Absensi PT. Graha Usaha Teknik.," Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol. 05 No. 01, pp. 58-67, 2019.

R. A. Putra, "ANALISA IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MICROSERVICES BERBASIS KONTAINER PADA KOMUNITAS PENGEMBANG PERANGKAT LUNAK TERBUKA (OPENDAYLIGHT DEVOPS COMMUNITY)," JUST IT Vol. 9 No. 2, pp. 150-162, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2020.v9.i2.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats