Analisis Sentimen Transportasi Online pada Twitter Menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes dan Support Vector Machine

Enos Dwianto, Mujiono Sadikin

Abstract


Transportasi online  merupakan salah satu pilihan bagi masyarakat untuk berkegiatan sehari-hari baik saat bekerja, bepergian dan melakukan aktivitas lain. Salah satu cara untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap layanan transportasi online adalah dengan analisis sentimen seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Data yang digunakan merupakan data valid dari sosial media Twitter untuk Transportasi online GrabId dan GojekIndonesia. Teknik analisis sentimen yang digunakan adalah  Naïve Bayes Classifier dan metode Support Vector Machine (SVM). Keduanya digunakan untuk membandingkan tanggapan masyarakat dari analisis sentimen data tweet yang telah diklasifikasikan menjadi positif dan negatif. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa GrabId menggunakan metode SVM memberikan hasil class precision positif dan negatif yaitu 86.47% dan 46.67%, class recall positif dan negatif yaitu 96.21% dan 18.06%, accuracy 84.08%. Sedangkan untuk GojekIndonesia, metode SVM memberikan hasil yaitu class precision positif dan negatif yaitu 73.90% dan 35.65%, class recall positif dan negatif yaitu 89.84% dan 15.07%, accuracy 69.50%. Dari akurasi yang dihasilkan, metode SVM  menghasilkan kinerja terbaik.

Keywords


Transportasi online; analisis sentimen; Twitter; Naïve Bayes Classifier; Support Vector Machine

Full Text:

PDF

References


D. G. Nugroho, Y. H. Chrisnanto, and A. Wahana, “Analisis Sentimen Pada Jasa Ojek Online ... (Nugroho dkk.),” pp. 156–161, 2015.

A. Chan, M. Maharani, and P. W. Tresna, “Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Go-Jek Dan Grab (Studi Pada Konsumen Pt Go-Jek Dan Pt Grab Indonesia Di Dki Jakarta),” AdBispreneur, vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.24198/adbispreneur.v2i2.13183.

“Gojek - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.” https://id.wikipedia.org/wiki/Gojek.

“Grab (perusahaan) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.” https://id.wikipedia.org/wiki/Grab_(perusahaan).

B. M. Pintoko and K. M. L, “Analisis Sentimen Jasa Transportasi Online pada Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,” e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 8121–8130, 2017.

F. AFSHOH, “Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Untuk Melihat Persepsi Masyarakat Terhadap Kenaikan Harga Jual Rokok Pada Media Sosial Twitter,” pp. 1–17, 2017.

M. . Imelda A.Muis & Muhammad Affandes, “Penerapan Metode SVM ( SVM ) Menggunakan Kernel Radial Basis Function ( RBF ) Pada Klasifikasi Tweet,” Sains, Teknol. dan Ind. Sultan Syarif Kasim Riau, vol. 12, no. 2, pp. 189–197, 2015.

A. T. J. H, “Preprocessing Text untuk Meminimalisir Kata yang Tidak Berarti dalam Proses Text Mining,” Inform. UPGRIS, vol. 1, pp. 1–9, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2021.v10.i1.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats