PENGEMBANGAN SISTEM REKOMENDASI ATLET ESPORTS BERDASARKAN PREDIKSI ELO RATING MENGGUNAKAN MODEL STOCHASTIC GRADIENT BOOSTING
Abstract
Indonesia memiliki tantangan bonus demografi dengan jumlah yang cukup besar. Tantangan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan yang baik khususnya untuk mendulang potensi Esports Indonesia. Sebanyak hampir seperempat total penduduk Indonesia dikategorikan sebagai penggiat video game dari populasi urban online. Namun potensi tersebut terhambat oleh kendala para pegiat esports yang kesulitan untuk menbentuk sebuah tim. Dalam penelitian ini mengembangkan sistem rekomendasi atlet esports untuk membantu para atlet dalam membentuk tim yang cocok. Dalam membuat sistem rekomendasi atlet dibutuhkan kecocokan antar atlet maka hal ini dapat diselesaikan menggunakan prediksi penilaian ELO Rating. Permasalahan prediksi ELO Rating dapat diselesaikan dengan model regresi Stochastic Gradient Boosting (SGB). Untuk menguji nilai prediksi, menggunakan Root Mean Squared Error (RMSE) dan performa berdasarkan waktu dengan satuan detik sebagai acuan. Dengan skenario pengujian data training berbanding dengan data testing dengan rasio 90%:10%, menghasilkan RMSE Testing sebesar 17.7422 dan RMSE Training sebesar 16.9820 sehingga model ini tidak mengalami overfitting dikarenakan memiliki selisih yang kecil yaitu sebesar 0.7602 serta memakan waktu pelatihan sebesar 8.6720 detik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia (Survey Report No. S20190518; Laporan Survei, p. 51). 2018
Badan Pusat Statistik (Ed.). Proyeksi penduduk Indonesia 2010-2035. Badan Pusat Statistik. 2013
Elo, A. E. The Rating of Chessplayers, Past and Present. Arco Pub. 1978
Friedman, J. H. Stochastic gradient boosting. Computational Statistics & Data Analysis, 38(4), 367–378. 2002. https://doi.org/10.1016/S0167-9473(01)00065-2
Gribble, J. N., and Bremner, J. Achieving a Demographic Dividend. Population Bulletin, 16. 2012
Gunawan, A. A. S., Tania, & Suhartono, D. Developing recommender systems for personalized email with big data. 2016 International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS), 77–82. 2016. https://doi.org/10.1109/IWBIS.2016.7872893
H. Lau, C., S. Chua, L., T. Lee, C., & Aziz, R. Optimization and Kinetic Modeling of Rosmarinic Acid Extraction from Orthosiphon stamineus. Current Bioactive Compounds, 10(4), 271–285. 2015. https://doi.org/10.2174/157340721004150206151452
Jati, W. R. BONUS DEMOGRAFI SEBAGAI MESIN PERTUMBUHAN EKONOMI: JENDELA PELUANG ATAU JENDELA BENCANA DI INDONESIA?. Populasi, 23(1), 1-19. 2015
Natekin, A., & Knoll, A. Gradient boosting machines, a tutorial. Frontiers in Neurorobotics, 7. 2013. https://doi.org/10.3389/fnbot.2013.00021
Newzoo. The Indonesian Gamer 2017. The Indonesian Gamer 2017 Newzoo. 2017, Juni 1. https://newzoo.com/insights/infographics/the-indonesian-gamer-2017/
Wagner. On the Scientific Relevance of eSports. International Conference on Internet Computing & Conference on Computer Games Development. Las Vegas, Nevada, USA. 2006
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2022.v11.i2.006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.