Prototipe Alat Obat Otomatis Covid 19 Pasien Berdasarkan Internet Of Things

Rudi Prasetya, Heru Sulistiono, Caka Gatot Priambodo

Abstract


Pemanfaatan teknologi dituntut untuk menjawab perkembangan permasalahan yang terjadi di dunia yaitu dengan adanya wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID 19), otomatisasi yang terintegrasi dengan bantuan koneksi internet atau lebih dikenal dengan IoT telah membantu banyak dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, memberi digunakan untuk memberikan obat kepada pasien Covid-19. Kontak dekat dengan pasien Covid 19 harus dihindari agar terjadi penularan sehingga pemberian obat kepada pasien menjadi masalah. Namun, hadirnya alat penghantar obat covid 19 otomatis menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Alat Penatalaksanaan Obat Covid 19 otomatis ini menggunakan basis pengontrol MCU ESP8266 yang terpasang modul WiFi. Dengan dua timbangan load cell yang terhubung dengan HX711 hasil pengujian load cell untuk menentukan pemberian obat menunjukkan tingkat akurasi 95,75% dan load cell kedua memiliki tingkat akurasi 96,85% dapat melihat berat wadah obat pasien dapat menjadi alat monitoring untuk obat yang diterima pasien. Perangkat ini juga dilengkapi dengan kamera pemantau yang menggunakan smartphone bekas dengan aplikasi Live-reporter yang memungkinkan pemilik untuk melihat situasi di sekitar perangkat dan pasien. Alat ini dikendalikan oleh aplikasi Blynk, yang menyediakan 4 widget untuk membantu kita melihat, mengubah waktu minum obat, melihat statistik pemberian obat, waktu dan tanggal pemberian obat terakhir, serta widget live streaming yang menampilkan video aktual dari kondisi perangkat dan semangat covid. Model penelitian ini mengadopsi model penelitian 4D Thiagarajan dengan tahapan define, design, develop, desseminate dan testing pada alat ini menggunakan metode pengujian black box dimana setiap komponen alat diuji satu persatu agar alat dapat berfungsi dengan baik.

Keywords


Covid 19, Patient, Internet Of Things, Drugs

Full Text:

PDF

References


Buyya, R. (2008). Internet of Things Principle and Paradigm. India: Musear Kerpharm.

Chen, H., Guo, J., Wang, C., Luo, F., Yu, X., Zhang, W., Li, J., Zhao, D., Xu, D., Gong, Q., Liao, J., Yang, H., Hou W., & Zhang, Y. (2020). Clinical characteristics and intrauterine vertical transmission potential of COVID-19 infection in nine pregnant women: a retrospective review of medical records. The Lancet, 395(10226), 809-815.

Johns Hopkins University, https://coronavirus.jhu.edu/map.html , diakses pada tanggal 20 April 2020

Javed, A. (2016). Building Arduino Projects for the IoT. UK: Apress.

Lily Wulandari. (2008). Otomatisasi Kantor OA. Depok. Universitas Gunadarma.

Pressman, R. S. (2010). Software Engineering A Practitioner’s Approach 7th Edition. (McGraw-Hill, Ed.). New York: Raghothaman Srinivasan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2023.v12.i1.008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats