Analisa Pengalaman Pengguna Terhadap Aplikasi Bibel Doding Simalungun Dengan Metode User Experience Questionnaire
Abstract
Secara singkatnya, aplikasi ini merupakan Alkitab Elektronik berbahasa Simalungun yang bisa di unduh di App store atau Play Store yang digunakan jemaat GKPS dalam peribadahannya. Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk mengukur, membantu serta menguji tingkat kepuasan Jemaat GKPS selaku pengguna aplikasi Bibel Doding Simalungun dengan metode User Experience Questionnaire. Populasi pada penelitian kali ini berfokus pada jemaat GKPS dari berbagai daerah di Indonesia seperti Simalungun (daerah asal) dan Jabodetabek sekitarnya dengan mengambil 44 sampel dengan menggunakan google kuesioner. Pada penelitian dengan metode User Experience Questionnaire. Metode ini memiliki 26 pertanyaan yang menjadi indikasi puas tidaknya pengguna. Selain itu User Experience Questionnaire memiliki skala penilaian dari ialah 7 yang mana kemudian akan di ubad oleh UEQ Tools menjadi skala mulai dari (-3) sampai 3. Metode penelitian ini memiliki tools untuk mengolah data-data yang ada.
Kata kunci : Kepuasan, Bibel Doding Haleluya Simalungun, User Experience Questionnaire
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmajaya, J. B., Werthi, K. T., & Freedlina, K. Q. (2020). ANALISIS VALUE EQUITY , RELATIONSHIP EQUITY , DAN BRAND EQUITY PADA STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA DANAU BUYAN DI PROVINSI BALI BERBASIS SOCIAL MEDIA MARKETING. 06(01), 12–19.
Febrianto, W. A., Putra, W. H. N., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire ( UEQ ) ( Studi Kasus : Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo ). 3(6), 6099–6106.
Saputra, I. N., Wijaya, W., Santika, P. P., Bagus, I., Indra, A., & Alit, I. N. (2021). ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PaTik BALI DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE ( UEQ ) PaTik BALI WITH THE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE ( UEQ ) METHOD. 8(2). https://doi.org/10.25126/jtiik.202182763
Umar, R., Ifani, A. Z., Ammatulloh, F. I., & Anggriani, M. (2020). ANALISIS SISTEM INFORMASI WEB LSP UAD MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE ( UEQ ). 4(2), 173–178.
Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4822
Sumiyati, & Soliha, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Warunk Upnormal Semarang). Proceeding SENDIU 2020, 10, 568–576.
Andriani, R. (2020). Evaluasi User Experience Dengan Pendekatan Usabiliting Testing Pada Sistem Informasi Smart Academic. Jurnal Sistem Informasi, 9(3), 372-286.
Abdillah, L. A. (2020). FinTech E-Commerece Payment Application User Experience Analysis during COVID-19 Pandemic. Scientific Journal of Informatics, 7(2), 265-278.
Adimia, D. N., Iqbal, B. M., Syaifullah, D. H., & Zakaria, A. S. (2019). Evaluation and implementation of cognitive ergonomics in ewallet redesign to reduce experience effort of e-wallet user. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1-8.
Alfianiaka, N. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.Yogyakarta: Deepublish.
Amalina, N., & Jumhur, H. M. (2018). The Influence of User Experience towards User Satisfaction of E-Government Service: a Case Study of GAMPIL Application. International Journal of Scientific and Research Publication, 8(3), 254-259.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2024.v13.i2.008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.