RANCANG BANGUN DIGITAL LEARNING SYSTEM (DLS) BERBASIS GAMIFIKASI MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. P. Sari, N. B. Tusyantari, and M. Suswandari, “Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2021.
S. Ahmadi and Syahrani, “Pelaksanaan Pembelajaran Di STAI Rakha Sebelum, Semasa Dan Sesudah Pandemi Covid-19,” J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 51–63, 2022.
T. N. Azis, “Strategi Pembelajaran Era Digital,” Annu. Conf. Islam. Educ. Soc. Sains (ACIEDSS 2019), vol. 1, no. 2, pp. 308–318, 2019.
H. N. Jaya, N. Idhayani, and Nasir, “Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1566–1576, 2021.
Z. Maiza and N. Nurhafizah, “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, p. 356, 2019.
H. Istiqomah and S. Suyadi, “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta),” El Midad J. PGMI, vol. 11, no. 2, pp. 155–168, 2019.
N. Veronica, “Permainan Edukatif Dan perkembangan kognitif Anak Usia Dini,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 49–55, 2018.
A. Saputra et al., “Dampak Game Online Terhadap Anak-Anak Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Kreat. Mhs. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 32–35, 2022.
R. Windawati and H. D. Koeswanti, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1027–1038, 2021.
R. Ramadan and Y. Widyani, “Game Development Life Cycle Guidelines,” Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst. ICACSIS 2013, pp. 95–100.
J. Enstein, V. R. Bulu, and R. L. Nahak, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 101–109, 2022.
A. A. Saputra, F. N. Putra, and R. D. R. Yusron, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle ( GDLC ) Berbasis Android,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2022.
R. Janata, A. T. Priandika, and R. D. Gunawan, “Pengembangan Game Petualangan Edukasi Pengenalan Satwa Dilindungi Di Indonesia Menggunakan,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 286–294, 2022.
S. Wahyu, “Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Budi Pekerti,” SKANIKA Sist. Komput. dan Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 82–92, 2022.
A. S. Rahman and I. G. Anugrah, “Pengembangan Game Edukasi Pencegahan COVID-19 Menggunakan Metode Game Development Life Cycle,” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 42–52, 2022.
E. Riyandana, M. G. A. Ars, and A. Surahman, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Kosakata Baku Dalam Bahasa Indonesia Di Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus Sd Negeri 1 Way Petai Lampung Barat),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 213–225, 2022.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2024.v13.i1.007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.