APLIKASI PENCARIAN WARTEG KHARISMA BAHARI MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA BERBASIS ANDROID

Alif Nugroho, Fitri Latifah Rais

Abstract


Semakin meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat membuat masyrakat menginginkan sesuatu yang serba cepat dan mudah. Masyarakat akan semakin mengutamakan segi praktis, bersih, dan cenderung memilih tempat yang nyaman untuk mengkonsumsi makanan. Warteg Kharisma Bahari dapat menjadi pilihan untuk tempat makan yang murah, praktis, dan nyaman. Warteg ini telah memiliki seratus 150 cabang. Namun dikarenakan promosi lokasi warteg masih secara manual dari mulut ke mulut jadi penyampaian informasi kurang maksimal kepada masyarakat. Maka kebutuhan bantuan teknologi dalam mempromosikan lokasi warteg kharisma. Maka dibuatlah aplikasi pencarian warteg kharisma bahari berbasis android. Dikarenakan semakin semakin pesatanya pengguna smartphone dengan sistem operasi  android sehingga penyebaran informasi lokasi dapat lebih cepat dan mudah dalam pengaksesan lokasi oleh masyarakat selain itu dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan Location Based Service (LBS) yang digunakan untuk menemukan lokasi perangkat yang pengguna gunakan. Layanan ini menggunakan teknologi global positioning service (GPS) dan cell-based location dari Google serta Algoritma Dijkstra untuk menentukan rute terdekat menuju warteg kharisma bahari. Diharapkan dengan aplikasi ini dapat memperluas promosi warteg kharisma dan dapat mempermudah konsumen dalam mencari dan menuju warteg kharisma.


Keywords


Search; Dijkstra; LBS; Android

Full Text:

PDF

References


Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL, secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Bima, Ifnu. 2011. Java Desktop. Diambil dari: http://project-template.googlecode.com/files/Java%20Desktop%20-%20Ifnu%20Bima.pdf. (27 Desember 2014).

Budiyanto, Andriyan dan Nainggolan ,Erikson Rikardo. 2016.Perancangan Aplikasi Islamic Boarding School Finder Berbasis Android Dengan Algoritma Dijkstra . http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/sniptek/article/download/27/27 (10 Agustus 2017).

Budihartanti, Cahyani dan Pandiangan Riswan. 2016.Rancang Bangun Aplikasi Android Pencarian Rumah Sakit Di Jakarta Menggunakan Algoritma Dijkstra.. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/download/16/136 (10 Agustus 2017).

Kadir, Abdul. 2013 From Zero to A pro-Pemrograman Aplikasi Android : Prnerbit Andi.

Munir , Renaldi. 2010 Matematika Diskrit Bandung :Penerbit Informatika Bandung.

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah,Hendra Kurniawan, Anita Muliawati, Dwi Sidik Permana. 2017 Membuat Aplikasi Penjualan menggunakan Java Netbeans, Mysql dan iReport Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindu.

Murya, Yosef. 2013. Pemrograman Android Black Box. Jakarta: Jasakom Ramadhani, Cipta. 2015. Dasar Algoritma & Struktur Data dengan Bahasa Java. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Rizky,Soetomo.2011.Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak.Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Safaat,H. Nazaruddin. 2015. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung. Sugiyono, (2005), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sukamto,Ariani Rosa dan Shalahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.

Sukamto,Ariani, Rosa dan Shalahuddin, M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Wijaya, Suma Gede Wayan I dan Susanto, Heri Eko. 2012 Penerapan Algoritma Dijkstra Untuk Menemukan Rute Terpendek Daerah Wisata Di Kabupaten Banyuwangi Pada Location based Service Di Platform Android.http://mmt.its.ac.id/download/SEMNAS/SEMNAS%20XV/MTI/30.%20Prosiding%20Wayan%20-%20Android-OK.pdf (10 Agustus 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2019.v8.i2.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FORMAT



Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats