Penanggulangan Gejala Stres Pasca Melahirkan Melalui Desain Arsitektural Untuk Komunitas Ibu Hebat Jabodetabek

Anggana Fitri Satwikasari, Yeptadian Sari, Nur Romdhona, Karlina Rohadatul Aisy

Abstract


Post-partum Depression atau PPD adalah depresi yang terjadi setelah melahirkan disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia di otak dan dialami oleh 10% ibu yang melahirkan. Ibu pasca melahirkan dapat mengalami stres dikarenakan beberapa penyebab, salah satunya adalah kualitas tempat tinggal yang kurang nyaman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi para ibu yang sedang hamil maupun baru saja melahirkan mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood mereka. Upaya-upaya ini difokuskan pada penyuluhan dan konsultasi ide-ide penataan ulang ruang dalam dan ruang luar hunian yang sekiranya dapat dilakukan oleh masing-masing ibu. Dari sekitar 15-25 anggota Komunitas Ibu Hebat yang berlokasi di Perumahan Bumi Cimanggis Indah 2 Kota Depok, sebagian besar mengeluhkan beberapa permasalahan di hunian mereka seperti buruknya kualitas pencahayaan dan penghawaan alami, keberadaan vegetasi/penghijauan yang kurang, dan sulitnya aksesibilitas ruang tidur ke fasilitas lain di dalam rumah seperti kamar mandi dan dapur. Tim pengabdian kepada masyarakat kemudian mengusulkan 2 opsi perubahan tata ruang dalam dan luar yang dapat diupayakan para ibu dengan harapan jika hunian mereka lebih sesuai dengan kebutuhan kenyamanan para ibu, maka kualitas kebahagiaan keluarga mereka juga dapat meningkat.


Keywords


Arsitektur, Tata ruang dalam, Pencahayaan Alami, Post-Partum Depression

Full Text:

PDF

References


Dalfen, A. (2019). When Baby Brings the Blues: Solutions for Postpartum Depression. Canada: John Wiley & Sons Canada, Ltd.

Fajrini, F., Sakinah, S., Latifah, N., & al., e. (2022). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Stress Para Pekerja Di Percetakan Kota Ciputat Tahun 2021. Environmental Occupational Health and Safety Journal Vol 01 No 02, 155-162.

Pittara, d. (2022, April 7). Postpartum Depression. Retrieved from Alodokter: https://www.alodokter.com/postpartum-depression

Sari, Y. (2021). Arsitektur untuk Ibu Depresi: dari Sudut Pandang Penyintas Depresi Pascapersalinan. . Jakarta: Arsitektur UMJ Press.

Sari, Y., & Prasyam, N. (2021). Kajian Konsep Kajian Konsep Arsitektur Gender Pada Rumah Tinggal Wanita Pasca Bersalin. SEMNASTEK , (pp. 1-6). Jakarta.

Satwikasari, A. F. (2017). The Application of Behavioral Mapping to Design Therapeutic Spaces for Disabled Children. International Seminar and Workshop on Urban Planning and Community Development 2017. Jakarta.

Satwikasari, A. F. (2018). Exploratory Study of Physical Environment Factors Affecting Tuberculosis Endemics Houses in Kebumen District, Indonesia. International Journal of Built Environment and Scientific Research, 65-74.

Satwikasari, A. F., Setyowati, E., Norhayati, Afghani, J. J., Puspitasari, E., & Kurnia, Y. (2021). Basic Investigation of COVID-19's Self Isolation Room in Various Residential Typology. International Journal of Built Environment and Scientific Research, 121-130.

Sri Idaiani, B. B. (2012). Postpartum depression in Indonesian women: a national study. Neliti.

Yasinta Rahmawati, S. P. (2020, November 29). Alami Depresi Pasca Melahirkan, Dina Novelis Curhat Sempat Amnesia. Retrieved from https://www.suara.com/: https://www.suara.com/health/2020/11/29/143851/alami-depresi-pasca-melahirkan-dina-novelis-curhat-sempat-amnesia?page=2

Yeptadian Sari, I. A. (2021). Comfort Space for Depressed Woman after Giving Birth: The Enticing Factors. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v9i1.18775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam