LEARNING LITERACY AND NUMERACY THROUGH FUN LEARNING APPROACH

Zulva Awalia Agustin, Syahrul Assidiq, Ripaldi Ripaldi, Teofilus Adian Hopeman, Fitria Nurulaeni

Abstract


The challenge of improving literacy and numeracy is still a major focus in many countries, including Indonesia. Based on the Program for International Student Assessment (PISA) in 2022, the results of the evaluation of the literacy and numeracy skills of students in Indonesia again showed a disappointing ranking. This is in line with the problems found at the community service location, namely low student interest in reading. So this research has a goal as a community service effort to improve and optimize students' literacy and numeracy skills through a fun learning approach. This community service activity was carried out at SDN Gunung Sunda which is located in Cikakak District, Sukabumi Regency, West Java. The community service methods used are observation, lecture, and training methods. The results obtained in this study are students are more fond of reading and motivated in terms of literacy and numeracy by using a fun learning approach.


Keywords


Literation; Numeration; Approach; Fun Learning; Community Service

References


Dasor, Y., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/2178

Fatmawati, Sarmila, E., & Kadir, F. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Al- Qur'an dengan Sistem MAPOTO' di Kelurahan Bukana. Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/panguluabdi/article/view/28527

Hidayati, V., Ermiana, I., Haryati, L., Rosyidah, A., & Anar, A. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pembelajaran Literasi dan Numerasi Sebagai Upaya Pencegahan Learning Loss Akibat Pandemi. JURNAL ALTIFANI . http://altifani.org/index.php/altifani/article/view/344

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. JIKM (Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar). http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/94

Jatmika, R., Rahmi, I., & Nuraeni, N. (2023). Mengembangkan Literasi dengan Pendekatan Pembelajaran yang Menyenangkan di Sekolah Dasar Desa Mulyasari. JE (JOURNAL OF EMPOWERMENT). http://jurnal.unsur.ac.id/index.php/je/article/view/3903

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim (Journal of Islamic Education). https://www.academia.edu/download/85213286/133.pdf

Muqtadir, A., Hardi, O., & Kusumawati, L. (2024). Pengaruh Model Pembelaran berbasis Masalah Metode Pembelajaran di Luar Ruangan terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/68442

Novitasari, N., & Rahman, T. (2023). PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI RA. Jurnal Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE). https://journal.uaindonesia.ac.id/index.php/ijecie/article/view/553

Nurahmah , S., Barkah, & Adela, D. (2023). Penerapan Fun Liracy untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa SDN Sawahlega. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5956

Prayoga, R., Budiarto, H., Afif, M., Pradipta, A., & Lestari, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Pekan Literasi dan Pembiasaan 15 Menit Membaca: Studi Kasus MI Mulyadarma Girimukti. WARTA LPM . https://journals2.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/1870

Rahma, F., Setyawan, K., Marzuqi, M., & Segara, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Peserta Didik Melalui Pembelajaran STAD Berbasis Literasi pada Pembelajaran IPS di UPT SMPN 09 Gresik. Dialektika Pendidikan IPS. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55766

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Rahmayani, S., Nurmia, & Nurbia. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Khasanah Pendidikan. https://asianpublisher.id/journal/index.php/jkp/article/view/63

Rohmadi, M., & Nasucha, Y. (2017). Dasar-dasar Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.

Septiani, R., Widjojoko, & Wardana, D. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. JURNAL PERSEDA. https://www.jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/1708

Subarjo, A. H. (2017). Perkembangan Teknologi dan Pentingnya Literasi Informasi untuk Mendukung Ketahanan Nasional. ANGKASA (Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.

Widyana, D., Siswoyo, M., & Nurfalah, F. (2020). Pengaruh Sosialisasi Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Bidang Pendidikan di Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Publik Unswagati Cirebon. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Publika/article/view/4170

DePorter, B., Hernacki, M., & Abdurrahman, A. (1999). Quantum learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Saukah, A., & Waseso, M. G. (2002). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (edisi ke-4, cetakan ke-1).

UNESA. (2000). Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, A., & Lestari, L. A. (1999). Menulis karya ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, G. (2002). Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah.Bandung: Akatiga.

Putra, Y.M. (2018). Literasi dan Sitasi Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi Menggunakan Mendeley. Panduan Penulisan Jurnal Ilmiah, Jakarta: Universitas Mercu Buana




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v10i1.27376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam