PENDAMPINGAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK PENDEKATAN SAINTIFIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Fidrayani F, Asep Ediana Latip

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar masih perlu ditingkatkan. Pembelajaran tematik hendaknya menggunakan pendekatan saintifik yang merupakan suatu pendekatan agar peserta didik menjadi kritis dan mampu berpikir secara ilmiah. Pendampingan ini dilaksanakan dengan terlebih dahulu menganalisis Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilakukan oleh guru, setelah mendapatkan masalah yang dihadapi, kemudian dibuat perencanaan pendampingan dan pelatihan pada guru agar mampu mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah observasi dan identifikasi masalah, perencanaan, pendampingan. Kegiatan pendampingan dilakukan tiga kali sampai tercapai target yang diharapkan. Peningkatan hasil belajar peserta didik mencapai 76% atau kategori baik dan penilaian pendampingan RPP juga mencapai kategori baik. Diharapkan guru dapat menguasai lebih banyak pendekatan dan strategi yang variatif sehingga implementasi K13 secara umum dapat tercapai.


Keywords


pendampingan; pembelajaran tematik; pendekatan saintifik; madrasah ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Masitoh, Dewi. 2018. Teachers’ Scientific Approach Implementation in Inculcating the Students’ Scientific Attitudes. Jurnal Prima Edukasia Vol 6(1). Hal 32-43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14282/pdf

Henukh, F. M. 2016. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di SD Cepit Bantul. Jurnal Pendidikan Dasar 5 (5). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/976/886 diakses 27 April 2017.

Hernawati. Amin, M., Irawati, H., Indriwati, SE., Omar, N., The Effectiveness of Scientific Approach Using Encyclopedia as Learning Materials in Improving Students’ Science Process Skills in Science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 7 (3). Hal. 266-272. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/14459/8248

Hong, Shi. 2017. Learning Strategies and Classification in Education. Institute for Learning Journal. Vol. 1 hal. 24 http://www.auburn.edu/academic/education/ilsrj/Journal%20Volumes/Fall%202017%20Vol%201%20PDFs/Learning%20Strategies%20Hong%20Shi.pdf

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nuryana., Syahrir, D.C. 2019. Respon Guru Terhadap Kegiatan Pendampingan Kurikulum 13 Edisi Revisi. Dimasejati Vol. 1(1), hal. 1-12. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/article/view/5401/2488

Latip, A.E. 2013. Pembelajaran Tematik Teoritis dan Praktik. Jakarta: UIN JKT Press.

Maryani, I. 2015. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jogjakarta: CV. Budi Utama.

Raharjo, T. 2020. Efektivitas Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development. Vol. 1 (1), hal. 93-103. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/ijed/article/view/672/617

Tampubolon, S. 2016. Penelitian Pendidikan dan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Kurikulum 2013. Jakarta: Holifa Mediatama.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v6i1.8924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam