Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Banten Terhadap Kek Tanjung Lesung Dalam Meningkatkan Kembali Kunjungan Wisatawan Paska Tsunami 2018
Abstract
Untuk membenahi dan mengembalikan minat dan kunjungan wisatwan ke KEK Tanjung Lesung paska tsunami Selat Sunda pada Desember 2018, Dinas Pariwisata Provinsi Banten melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam konteks 3A Pariwisata, yakni aktraksi, amenitas dan akses. Dalam konteks seperti ini, berarti Dinas Pariwisata Provinsi Banten menyiapkan dan melakukan penggunaan pesan yang harus efektif, kredibiltas penyampai pesan, promotion event dan memanfaatkan media yang tepat.
Beberapa tinjauan kepustakaan dalam penelitian ini mengacu pada konsep komunikasi pemasaran. Tjiptono (2008, 28) mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran adalah kegiatan dalam pemasaran yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar masyarakat dapat menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Disimpulkan dalam penelitian ini bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam memasarkan kembali Tanjung Lesung menggunakan pesan yang memperlihatkan beberapa keindahan alam dan mensosialisasikan pesan Selat Sunda Aman dan Ayo Ke Banten. Kemampuan persuader dipilih atas pertimbangan kedekatan dan pengetahuan seseorang, pandai berkomunikasi dan juga memiliki kemampuan dalam bidang teknologi media dan berbahasa asing (Inggris). Penyelanggaran event juga dilakukan dengan menggelar Festifal Pesona Tanjung Lesung sebagai sarana promosi dan event kondisional dan tematik. Dan yang terakhir adalah pemanfaatan media yang dibagi menjadi dua yakni pemanfaatan media berbasis online yang dikelola oleh Pengelola KEK Tanjung Lesung dan membangun relasi dengan media lokal maupun skala nasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggoro, M. Linggar. 2005. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di
Indonesia. Bumi Akasara. Jakarta
Ardianto, Elvinaro, Soemirat Soleh. 2008. Dasar-Dasar Public Relation.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Akdon, Riduwan. 2012. Rumus Dan Data Dalam Statistika. Cetakan I. Bandung : Alfabeta.
Bagdakian, B.H., 2004. The New Media Monopoly. Beacon Press, Boston
Belch, George dan Belch, Michael. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw Hill.
Chris Heuer dalam Solis, (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and
Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New
Jersey, Canada
Creeber, G. and Martin, R., (ed)., 2009, Digital Cultures: Understanding New Media, Berkshire-England: Open University Press
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Hermalia Wulandari S, Chotijah S, Wayan Suadnya I. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Prioritas Pasca Gempa Lombok 2018. JCommSci Vol 2
Keller KL, Kotler P. 2009. Manajemen pemasaran, Edisi Ketiga Belas (Alih bahasa dari Bahasa Inggris oleh Sabran B). Edisi 13. Jilid 2. Jakarta [ID]: Erlangga. 412 hal. [Judul asli: Marketing Management, Thirteenth Edition]
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Predana Media Grup
Kurniasari, N. 2017. Strategi Penanganan Krisis Kepariwisataan dalam Kebijakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Media Tor , Vol 10(2), Desember2017
Lievrouw, L.A. 2011. Alternative and Activist New Media. Cambridge: Polity Press.
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mondry. 2008. Pemahaman dan Praktik Jurnalistik. Bogor : Ghalia Indonesia.
Mugniesyah SS. 2009. Materi Kuliah Pendidikan Orang Dewasa (Hasil Revisi Buku Tahun 2006).
Mulyana, Deddy, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mutaqqin Z. 2011. Facebook marketing dalam komunikasi pemasaran modern. Teknologi. Vol. 1 (No: 2) : Hal 103 – 109.
Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public Relations. Jakarta. Erlangga
R.L. Teluma A, Desiyana Fajarica S. 2018. Strategi Pemulihan Krisis Komunikasi Pariwisata Pasca Bencana Alam Lombok (Sebuah Rancangan Konseptual Pengembangan Berkelanjutan). Prosiding Seminar Nasional Riset Unggulan Daerah. Mataram
Ruben, Breant and Lea P. Stewart 1998. Communications and human behavior. USA : Alyn & Bacon.
Schultz, D.E. & Schultz, H.F. 2004. IMC – The next generation: Five steps for delivering value and measuring returns using marketing communication. New York: McGraw-Hill
Shimp, Terence A. 2010. Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion, 8e. South-Western: Cengage Learning.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Zarella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Books. O'Reilly Media, Sebastopol
Mohd. Robi Amri Gita Yulianti Ridwan Yunus Sesa Wiguna Asfirmanto W. Adi Ageng Nur Ichwana Roling Evans Randongkir Rizky Tri Septian, Risiko Bencana Indonesia, BNPB 2016
Sumber internet:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/09/10/berapa-pendapatan-devisa-dari-sektor-pariwisata-indonesia
http://kek.go.id/berita/2018/01/KEK-Pariwisata-bagi-Pengembangan-Pariwisata-Nasional
https://travel.kompas.com/read/2017/12/18/193326627/memahami-selera-wisatawan-milenial?page=all
https://kkp.go.id/djprl/artikel/2798-refleksi-2017-dan-outlook-2018-membangun-dan-menjaga-ekosistem-laut-indonesia-bersama-ditjen-pengelolaan-ruang-laut
https://dispar.bantenprov.go.id/Profil/topic/327
https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/risiko/bencana-alam/item243?
https://tirto.id/kerugian-akibat-tsunami-di-tanjung-lesung-diperkirakan-rp150-miliar-dcxu
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v10i2.12919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
Print ISSN: 2301-9263 | |
Online ISSN: 2621-0371 |
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.