Strategi Programing Tv Berlangganan Oleh PT. Indonesia Entertainment Grup

Bagus Rizki Novagyatna

Abstract


PT. IEG cukup cermat dalam melihat peluang dalam mendirikan channel-channel untuk TV berlangganan yang secara khusus hanya menayangkan program-program pilihan berdasaran rating. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana strategi program siaran dan penjadwalan pada channel yang dimiliiki oleh PT. Indonesia Entertainment Grup agar bisa bersaing dengan channel televisi berlangganan lainnya, pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian desktiptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber dan observasi. Narasumber sebanyak 6 orang. Teknik Analisa data dengan analisis naratif.  Hasil penelitian menunjukan strategi programming agar dapat ditonton banyak orang menggunakan beberapa strategi yaitu Pra produksi: Produksi dan Pasca produksi dilakukan dengan efisian. Dalam menentukan program apa saja yang akan ditayangkan setiap harinya membagi kategori program menjadi 3 yaitu: fresh, original, dan re-run.

Keywords


Strategi programming, Televisi Berlangganan, Program Televisi

Full Text:

PDF

References


Amruroh, I., & Anggraeni, D. (2017). PEMASARAN SOSIAL PROGRAM PEDULI GIZI BALITA OLEH PUSKESMAS BOJONGGEDE BOGOR. Journal of Strategic Communication, 7(2).

Arieza, U. (2017). Kuasai 60% Market Share TV Berbayar, Indovision Miliki 2,5 Juta Pelanggan. Okezone.Com. https://economy.okezone.com/read/2017/11/22/320/1818840/kuasai-60-market-share-tv-berbayar-indovision-miliki-2-5-juta-pelanggan

Bhojwani, L. (2016). Media Partners Asia: Industri TV berbayar di Asia Pasifik alami perlambatan pertumbuhan. Antaranews.Com.

Brindana, R. (2016). Televisi Berlangganan dan Identitas Diri : Studi Resepsi Remaja terhadap Tayangan Drama Seri Korea Decendents Of The Sun di KBS World. Jurnal Simbolika, 2(2).

Cresswell, J. W., Plano-Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). Advanced mixed methods research designs. Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research.

Creswell, J. (2013). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In Research design.

Dewi, D. R. K. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan TV Berlangganan Transvision Semarang ( Studi Kasus Peralihan Telkomvision menjadi Transvision ). In TV Berlangganan Transvision Semarang ( Studi Kasus Peralihan Telkomvision menjadi Transvision ) (Vol. 1, Issue 1).

Fachrudin, A. (2014). Strategi program tayangan program infotainment di STRATEGI PROGRAM TAYANGAN INFOTAINMENT DI RCTI. Jurnal Visi Komunikasi, 13(01).

Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2011). In-dept interviews. In Qualitative research methods.

Homburg, C., Klarmann, M., Reimann, M., & Schilke, O. (2012). What drives key informant accuracy? Journal of Marketing Research. https://doi.org/10.1509/jmr.09.0174

Huberman, A., & Miles, M. (2012). The Qualitative Researcher’s Companion. In The Qualitative Researcher’s Companion. https://doi.org/10.4135/9781412986274

Jennifer M. Wood. (2019). 10 Highest-Grossing Movie Franchises of All Time. Mentalflooss.Com. https://www.mentalfloss.com/article/70920/10-highest-grossing-movie-franchises-all-time

Kantri Maharani. (2016). Tips Mengatur tayangan TV Berbayar untuk Anak-anak. Liputan6.Com.

Mansur, S. (2018). Pelatihan Pemberdayaan Sikap Orang Tua Preventif terhadap Dampak Negatif Konten Media Televisi Berbayar di R uang Publik Terpadu Ramah Anak “ Cempaka ” di Rawa Buaya – Jakarta Barat. Jurnal ABDI, 01(02), 30–37.

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. In Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi.

Sepang, D., Kawet, L., & Mandey, S. (2016). Diversivikasi Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Transvision Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01).

Srinanda, D., & Mustikasari, A. (2018). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG TERHADAP ATRIBUT PRODUK TELEVISI BERBAYAR TAHUN 2018. JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, 1(01). https://doi.org/10.25124/jtim.v1i01.1533

Strecker, S., Kuckertz, A., & Pawlowski, J. M. (2013). Pengantar Ilmu Broadcasting dan Cinematography. ICB Research Reports, 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v11i2.15794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]

Portal ISSNPrint ISSN: 2301-9263
Online ISSN: 2621-0371

 

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

The journal was indexed by: