Analisis Perbaikan Hotspot Pada SUTT 150kV NewRancakasumba-UjungBerung T.13 Penghantar I Fasa S Metode PDKB

Muhammad Nur Azikin Akib, Eko Ihsanto

Abstract


Pengoperasian transmisi listrik tak luput dari berbagai gangguan yang dapat merusak keandalan sistem dari penyaluran listrik. Anomali hotspot merupakan anomali yang sering terjadi serta memiliki dampak yang besar jika sudah menjadi gangguan jika tidak ditangani secara cepat. Anomali hotspot merupakan kelainan temperatur yang terjadi pada peralatan yang dialiri arus listrik umumnya terjadi pada titik sambungan. Hotspot dapat menyebabkan kerugian karena energi listrik diubah menjadi energi panas pada titik terjadinya hospot. Hotspot juga dapat menyebabkan rusaknya bagian peralatan transmisi. Anomali hotspot dapat diketahui dengan cara inspeksi titik sambungan menggunakan alat thermovisi. Seperti yang terjadi pada klem jumper konduktor fasa S pada SUTT 150kV jalur penghantar Ujung Berung – New Rancakasumba T.13 penghantar I. Perbaikan hotspot dapat dilakukan dengan 2 pilihan metode kerja yakni dengan pemadaman listrik atau tanpa pemadaman listrik (PDKB). Dari perkembangan kebutuhan energi listrik maka bertambah besar pula keinginan masyarakat terhadap semakin baiknya pelayanan dan kontinuitas penyaluran energi listrik. Dari data perhitungan perbandingan suhu antara objek sambungan dengan konduktor terdapat 2 objek pada fasa S yakni terminal jumper string luar dan dalam yang mengalami anomali hotspot nilai string dalam sebesar 79,2 oC dan string luar 90,0 oC maka di rekomendasikan perbaikan <3 hari. Dari hasil perbaikan hotspot ini menggunakan metode PDKB ∆T turun menjadi 33 oC sesuai SKDIR 520 direkomendasikan penegcekan rutin.


Keywords


Hotspot; Konduktor; PDKB; Suhu; Thermovisi

Full Text:

PDF

References


J. Zhang, H.-m. Yang, Z.-n. Zhang, k. Zhao and Y.-f. Chen, "An Automatic Diagnostic Method of Abnormal Heat Defect In Transmission Lines Based On infrared Vidio," IEEE, pp. 1-4, 2016.

M. Idham, Analisis Perbaikan Hotspot Dead End Strain Clamp Fasa S Dengan Metode Jumper Pada SUTT 150kV Tambak Lorok-Sayung 1 T.5, Yogyakarta: UGM, 2020.

M. Khabibullaah, Analisis Rugi Dan Biaya Pada Gangguan Hotspot Tension Clamp Tower SUTET 500kV Tanjungjati-Ungaran T.85 Fasa R Line 2, Yogyakarta: UGM, 2020.

D. Fartika, Menentukan Dan Melihat Titik Hotspot Pada Tower 150kV Di Pasar Kemis Baru-Pasar Kemis Lama Dengan Menggunakan Metode Thermovisi, Jakarta: Institut Teknologi PLN, 2020.

F. Allam, "Protecting Overhead Transmission Lines (OHL) from Hot Spots Using Dynamic Line Rating (DLR) Calculations," IEEE, pp. 44-49, 2020.

H. Nugroho, Perbaikan Rugi-Rugi Daya Akibat Hotspot PMS IBT 500/150 kV Pada Gardu Induk New Rancakasumba Di PT. PLN (Persero), Yogyakarta: UGM, 2021.

PT. PLN (Persero), Buku Pedoman Pemeliharaan Saluran Udara Tegangan Tinggi Dan Ekstra Tinggi (SUTT/SUTET), Jakarta: PT. PLN (Persero), 2014.

D. D. Ranadhani, Teknik Penanganan Hotspot Pada TItik-Titik Sambungan Konduktor Dengan Metode Double Jumper, Jakarta: LPPM Sekolah Tinggi Teknik PLN, 2019.

G. Göcsei and B. Németh, "Effectiveness, Comparison Of Conductive Clothing’s," IEEE, pp. 1-5, 2013.

PT. PLN (PERSERO), Peralatan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Pada Tegangan Tinggi/Tegangan Ekstra Tinggi (TT/TET), JAKARTA SELATAN: PT. PLN (PERSERO), 2020.

PT. PLN (Persero) Komisi PDKB, Prosedur Pelaksanaan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Tinggi Dan Tegangan Ekstra Tinggi, Jakarta: PT. PLN (Persero), 2018.

Y. Fang, L. Wang, R. Li, B. Song, B. Xiao and K. Liu, "AC Flashover Performance of FRP Hot Stick for Live Working in High Altitude Areas," IEEE Access, pp. 6758-6764, 2018.

PT. PLN (Persero) UP3B JB, Panduan Umum Pemeliharaan Transmisi TT/TET Dengan Metode PDKB, Jakarta Selatan: PT. PLN (Persero), 2018.

G. Göcsei and B. Németh, "Revision Of The Way Of Classification Of Conductive Clothing," in 2017 12th International Conference on Live Maintenance (ICOLIM), Strasbourg, 2017.

PT. PLN (Persero) Komisi PDKB, Instruksi Kerja Akses Hot End Crew, DKI Jakarta: PT. PLN (Persero), 2018.

M. L. Fazawi, Analisa Penentuan Hot Point Dan Monitoring Peralatan Dengan Metode Thermovisi Pada GI 150 kV Glugur, Medan: Repository UMSU, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.2023.v14i2.005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: