Desain Sistem Penyiraman Tanaman Tomat Berbasis Suhu dan Kelembaban menggunakan Fuzzy dan IoT

Endang Sri Rahayu, Cahyani Wulan Hidayat

Abstract


Tanaman tomat membutuhkan media tanam dengan kondisi kelembaban dan suhu yang khusus untuk menghasilkan buah yang terbaik. Di Indonesia memiliki cuaca yang tidak menentu sehingga kelembaban dan suhu tanah pun juga berubah-ubah. Terkadang mengalami musim kemarau, yang mengakibatkan hujan tidak turun sama sekali. Tidak turunnya hujan menjadikan tanah mengering. Tanah yang mengering mengakibatkan tanaman tomat kekurangan kadar kelembaban dan suhunya. Hal tersebut mengakibatkan hasil panen yang kurang baik atau bahkan dapat terjadi gagal panen. Penelitian ini mengatasi kegagalan panen tanaman tomat yang diakibatkan karena kondisi kelembaban dan suhu tanah yang tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman. Metode penyiraman otomatis berbasis kelembaban dan suhu dengan menggunakan Logika Fuzzy Sugeno dan IoT bertujuan agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang terbaik. Kelembaban dan suhu tanah dideteksi dengan menggunakan sensor YL-69 dan sensor DHT11. Hasil pendeteksian kedua sensor diolah oleh Arduino uno tipe RobotDyn + WiFi. Output dari mikrokontroler yang berupa data kelembaban dan suhu digunakan sebagai data input pada proses fuzzifikasi dengan sembilan rule base untuk mengatur volume air dari pompa motor. Hasil pengukuran dan pengolahan kelembaban dan suhu disimpan pada firebase yang terkoneksi internet, sehingga melalui aplikasi pada smartphone seluruh informasi dapat dimonitor dan diakses secara realtime dan jarak jauh

Keywords


Arduino Uno Tipe RobotDyn+WiFi; DHT11; Firebase; Logika Fuzzy; Sensor Kelembaban dan Sensor Suhu

Full Text:

PDF

References


A. Jupri, A. Muid and Muliadi, "Rancang Bangun Alat Ulur Suhu, Kelembaban, dan pH pada Tanah Berbasis Mikrokontroler ATMega328P," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 76-81, 2017.

S. Wulantika, H. Dedy and Risdianto, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara Berbasis GSM SIM900A dan Arduino Uno," Jurnal Kumparan Fisika, vol. 1, no. 2, pp. 60-65, 2018.

I. G. E. Darmawan, E. Yadie and H. Subagyo, "Rancang Bangun Alat Ukur Kelembaban Tanah Berbasis Arduino Uno," PoliGrid, vol. 1, no. 1, pp. 31-38, 2020.

A. E. Widodo, S. Suleman and M. Safudin, "Pemanfaatan Arduino Untuk Mendeteksi Kelembaban Tanah," Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 7, no. 2, pp. 1-5, 2019.

N. N. Afifah, P. Pangaribuan and R. A. Priramadhi, "Sistem Pengontrolan Pengairan Budidaya Tanaman Tomat Berdasarkan Kelembaban dan Suhu Tanah Berbasis Artificial Intelligence," e-Proceeding of Engineering, vol. 7, no. 3, pp. 8791-8801, 2020.

A. Jaelani, "Kontrol Kestabilan Suhu dan Kelembaban Menggunakan Fuzzy Pada Area Tanaman Tomat Dan Cabai Dengan Sistem Tanam Tumpang Sari," Jurnal JREEC (Jurnal Renewable Energy, Electronics and Control), vol. 1, no. 1, pp. 36-42, 2021.

H. Nadzif, T. Andrasto and A. Selamet, "Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Kendali Pompa Air Menggunakan Arduino dan Internet," Jurnal Teknik Elektro, vol. 11, no. 1, pp. 26-30, 2019.

F. Nazareta, Fauziah and G. Soepriyono, "Smart Agriculture: Pengendalian Kelembaban dan Suhu Pada Penyiraman Otomatis Tanaman Berbasis IoT," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 2, pp. 839-854, 2022.

S. B. Mursalin, H. Sunardi and Zulkifli, "Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Sensor Kelembaban Tanah Menggunakan Logika Fuzzy," Jurnal Ilmiah Informatika Global, vol. 11, no. 1, pp. 47-54, 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.2023.v14i3.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: