Metode Pohon Keputusan Untuk Identifikasi Insulator Flashover Dengan Pengolahan Citra Digital

Ady Murdianto, Abdur Rabi', Resi Dwi Jayanti Kartika Sari

Abstract


Pemeliharaan rutin seperti Climb Up Inspection (CUI) penting untuk menjaga keandalan penyaluran sistem tenaga transmisi di PT. PLN (Persero) UPT Malang. Untuk memastikan bahwa komponen penting seperti insulator berada dalam kondisi normal dan baik. Jika terjadi masalah dengan aliran listrik, komponen harus diganti segera untuk menghindari masalah yang memengaruhi keandalan sistem. Seringkali ditemukan anomali bahwa hasil foto yang menunjukkan flashover pada insulator. Karena permukaan insulator dibebani oleh medan listrik yang lebih besar daripada kapasitas ketahanan elektriknya, terjadi kegagalan isolasi. Ini disebut sebagai flashover. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang mampu mengidentifikasi gambar insulator yang telah mengalami flashover. Dengan menggunakan pengolahan gambar digital, proses segmentasi dan ekstraksi ciri dilakukan pada citra. Pengolahan gambar seperti segmentasi, ekstraksi, dan identifikasi gambar dilakukan dengan program MatLab. Dengan menggunakan active contour dan luas rasio citra insulator normal dengan citra insulator flashover. Kategori insulator diklasifikasikan menjadi rendah, sedang, dan tinggi menggunakan metode pohon keputusan.  Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan metode pohon keputusan menunjukkan bahwa kategori rendah dengan rasio x1 kurang dari 0,029958, x1 lebih dari 0,029958, dan x1 lebih dari 0.109648 dianggap sebagai kategori sedang dan tinggi, masing-masing dengan akurasi 80%. Aplikasi ini dapat membantu personel di lapangan mengidentifikasi gambar insulator flashover, yang memungkinkan mereka untuk menangani anomali dan menjaga keandalan listrik.


Keywords


Active Contour; Citra; Flashover; Insulator; Pohon Keputusan

Full Text:

PDF

References


N. Z. Munantri, H. Sofyan, and M. Y. Florestiyanto, “Aplikasi Pengolahan Citra Digital Untuk Identifikasi Umur Pohon,” Telematika: Jurnal Informatika Telekomunikasi Komputasi Elektronika dan Industri, vol. 16, no. 2, pp. 97–97, Jan. 2020, doi: https://doi.org/10.31315/telematika.v16i2.3183.

R. I. Abraham, “Identifikasi Kesegarann Susu Sapi Melalui Pengolahan Citra Digital Berdasarkan Metode Content-Based Image Retrieval (CBIR) Dengan Klasifikasi Decicion Tree”, e-Proceeding of Engineer, vol. 5, no. 2, Agustus 2018.

S. Ratna, “Pengolahan Citra Digital dan Histogram Dengan Phyton dan Text Editor Phycarm”, Jurnal Ilmiah Technologia, vol. 11, no. 3, Juli - September 2020.

Subairi, “Deteksi Sleep Apnea Menggunakan Metode Decision Tree dengan Fitur Statistik RR Interval”. Jurnal EECCIIS, vol. 16, no. 3, Desember, 2022.

Z. Nahda, “Konsep Pohon Keputusan”, VISA : Journal of Visions and Ideas, vol. 2, no. 2, 2022.

N. F. Romdhoni, “Deteksi Kualitas Kacang Kedelai Melalui Pengolahan Citra Digital dengan Metode Gray-Level Co-Occurrence Matrix (Glem) dan Klasifikasi Decicion Tree”, Prosiding Seminar Nasional Riset dan Information Science (SENARIS), vol. 2, pp. 132- 137, 2020

Agus Suryadi, “Pengolahan Citra Digital dan Logika Fuzzy Dalaam Identifikasi Tingkat Kematangan Buah”, Journal of Science and Social Research, vol. 2, pp. 187 -191, June 2022.

D. P. Sukma, “Identifikasi Tingkat Kerusakan Peralatan Labor Teknik Komter Jaringan Menggunakan Metode Decision Tree”, Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 3, no .4.

PT PLN (Persero), Buku Pedoman Pemeliharaan Saluran Udara Tegangan Tinggi dan Ekstra Tinggi (SUTT/SUTET), Jakarta : PT PLN (Persero), 2014.

M. Ickhsan, “Implementasi Metode Segmentasi Active Contour untuk Memperjelas Tepi Pada Citra Penyakit Paru-Paru”, Jurnal Pelita Informatika, vol. 8, no. 3, Januari 2020

P. B. N. Setio, “Klasifikasi dengan Pohon Keputusan Berbasis Algoritme C4.5”, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 3, hal 64-71, 2020.

I. Rasila, “Implementasi Metode Native Bayes Classifer Pada Sistem Pengklasifikasi Berita Otomatis Berbasis Website (Studi Kasus : Berita Lokal dari Mediamassa online Kalimantan Barat”, Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol.07, no. 2, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.2023.v14i3.010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: