Analisis QoS (Quality of Service) Pada Implementasi Layanan Broadband IPTV (Internet Protocol Television) di Jaringan Akses PT. Telkom

Said Attamimi, Aprilia Dian Oftari, Setiyo Budiyanto

Abstract


IPTV (Internet Protocol Television) yaitu suatu layanan multimedia dalam bentuk televisi, video, audio, text, graphic, data yang disalurkan ke pelanggan melalui jaringan IP (Internet Protocol), yang dijamin kualitasnya (Quality of Service), keamanannya (security), realibility (kehandalannya) dan memungkinkan komunikasi dengan pelanggan secara dua arah atau interaktif (interactivity) secara “real time”. IPTV (Internet Protocol Television) menawarkan interaktivitas dua arah antara end user dengan sistem IPTV melalui komponen berupa Set Top Box, dimana end user dapat menggunakan layanan yang bersifat on demand. Pada penelitian ini akan di analisa kesiapan jaringan akses kabel tembaga untuk implementasi layanan broadband IPTV (Internet Protocol Television). Analisa ini  dilakukan untuk menjelaskan cara mengukur QoS (Quality of Service) untuk IPTV (Internet Protocol Television) dari berbagai parameter yaitu: throughput, packet loss,dan delay. Mekanisme QoS (Quality of Service) mampu menghitung dan mengukur berapa besarnya nilai throughput, packet loss, delay dan mencocokannya dengan kebutuhan aplikasi yang ada digunakan dalam jaringan akses tersebut. Untuk itu diperlukan jaringan akses yang handal untuk dapat mendukung penyediaan layanan IPTV (Internet Protocol Television) pada kabel tembaga, karena bandwidth yang saat ini disediakan untuk IPTV (Internet Protocol Television) adalah sebesar 6 Mbps, dengan kecepatan downstream sebesar 6 Mbps, kecepatan upstream sebesar 1 Mbps, redaman sebesar 25 dB, dan S/N (signal to noise) sebesar 38,4 dB. Sehingga dengan menggunakan parameter QoS (Quality of Service) yaitu throughput, packet loss, dan delay pada jaringan akses kabel tembaga IPTV (Internet Protocol Television) kita dapat mengetahui kualitas layanan yang diterima pelanggan agar layanan pada jaringan akses IPTV (Internet Protocol Television) ini bisa bekerja lebih optimal.


Full Text:

PDF

References


Alief. Regulasi IPTV di Indonesia. Diakses pada Mei 2017 di website: https://aliefworkshop.com/2012/07/03/regulasi-iptv-di-indonesia/.

Imam, QoS (Quality of Service), Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013

ITU (International Telecommunication Union), Term and Definition Related To Quality of Service and Network Performance Including Depenability. ITU-T E.800, 2013.

ITU-T IPTV, Diakses pada Mei 2017 di website: http://www.itu.int/ITU-T/IPTV/.

Modul 1, Materi Pelatihan PT. Telekomunikasi Indonesia: Instalasi CPE dan Service-Culture untuk Layanan IPTV. Jakarta: PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, 2013.

Modul 2, Materi Pelatihan PT.Telkom: Protocol Teknologi IPTV. Jakarta: PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, 2013.

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Diakses pada April 2017 di website: http://telkom.co.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.v10i2.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: