ANALISIS PROPELLER AIR PADA UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) AMPHI-FLY EVO 1.0

AGUNG DWI SAPTO, MOCHAMMAD FIZACHRI NOVIANDI

Abstract


Unnmaned Aerial Vehicle (UAV) adalah salah satu jenis robot penjelajah udara tanpa awak, dalam hal ini dengan memodifikasi (UAV) untuk dapat bergerak pada tiga medan khususnya air. Salah satu penggerak air adalah propeller, propeller merupakan alat penggerak mekanik yang mempunyai fungsi untuk mendapatkan gaya dorong yang dihasilkan oleh baling-baling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pressure, velocity, thrust, koefisien baling-baling, dan efisiensi yang dihasilkan oleh kedua propeller yaitu berdaun dua dan berdaun tiga pada putar kecepatan motor dc maximum 3000 rpm, rata-rata 1700 rpm, dan minimum 1500 rpm dalam keadaan open water. Menganalisis kedua propeller air tersebut dengan menggunakan software serta membandingkan hasil simulasi yang ditunjang dengan perhitungan teoritis. Hasil penelitian pada propeller berdaun dua mendapatkan bahwa nilai velocity pada rpm maximum sebesar 22.685 m/s dengan pressure 2251080.19 Pa. Pada rpm rata-rata nilai velocity sebesar 12.118 m/s dengan pressure 714770.22 Pa. Pada rpm minimum nilai velocity sebesar 1.068 m/s dengan pressure 106058 Pa, sedangkan pada propeller berdaun tiga dengan nilai velocity pada rpm maximum sebesar 17.635 m/s dengan pressure 1252543.34 Pa. Pada rpm rata-rata nilai velocity sebesar 9.145 m/s dengan pressure 463135.25 Pa. pada rpm minimum nilai velocity sebesar 0.776 m/s dengan pressure 101420.51 Pa. Nilai thrust propeller berdaun dua pada rpm maximum sebesar 85.931 N, pada rpm rata-rata sebesar 24.976 N, dan pada rpm minimum sebesar 0.20 N. Nilai thrust propeller berdaun tiga pada rpm maximum sebesar 48.122 N, pada rpm rata-rata sebesar 12.833 N, dan pada rpm minimum sebesar 0.093 N. Semakin besar nilai rpm maka thrust yang dihasilkan akan semakin besar. Pada propeller berdaun dua yang memiliki nilai efisiensi optimal pada putaran 1500 rpm dengan nilai 45% keadaan open water, sedangkan propeller berdaun tiga yang memiliki nilai efisiensi optimal pada putaran 1700 rpm dengan nilai 51% keadaan open water.


Keywords


Analisis Bilah, Keadaan Open Water, Propeller Air, Simulasi

References


Budiarto, Hairil. 2014. Perencanaan Sistem Autonomus Quadcopter, Seminar Nasional Sains dan Teknologi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Deddy, Chrismianto, 2017. Analisa Perbandingan Penggunaan Energy Saving Device (ESD) Propeller Boss Cap Fin Pada Propeller Tipe B-Series Dengan Variasi Diameter Fin Menggunakan Metode CFD, Jurnal Teknik Perkapalan Vol.05, No.1.

Edward V, Lewis,1988. Principles Of Naval Architecture Second Revision. Jersey City: NJ. The Society Of Naval Architects And Marine Engineers.

Hidayat, Rahmad, 2016. Pengembangan Sistem Navigasi Otomatis Pada UAV (Unmanned Aaerial Vehicle) dengan GPS (Global Positioning System) Waypoint. Jurnal Teknik ITS Vol. 5, No.2.

Holtrop J. 1984. A Statistical Re-analysis of Resistance and Propulsion Data. Journal of International Ship Building Progress, Vol. 31.

Saroingsong Hardy S, 2018. Rancang Bangun Wahana Pesawat Tanpa Awak (Fixed Wing) BErbasis Ardupilot. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado Vol. 7, No. 1 : 73.

Suruso I. 2018. Analisa Peran Unmanned Aerial Vehicle Jenis Multikopter Dalam meningkatkan Kualitas Dunia Fotografi Udara di Lokasi Jalur Selatan Menuju Calon Bandara Baru Kulonprogo. Jurnal Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta Vol. 14, No. 1 : 18.

Utomo Bimo J. 2015. Design of UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Model Quadcopter Using Propotional Integral Derivative Algorithm, Junla Universitas Telkom, Vol. 1, No. 1 : 57-58.

Yuandriansyah, Zikri. 2016. Sistem Take Off dan Landing Drone Quadcopter Berbasis Kordinat GPS. Thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Zain Ardi Z. 2018. Analisa Perbandingan Propeller Berdaun 4 Pada Kapal Trimaran Untuk Mengoptimalkan Kinerja kapal Menggunakan Metode CFD. Jurnal Teknik Perkapalan Vol. 6, No. 1.

Carlton J.S. 1994. Marine Propellers and Propulsion. Butterworth Heinemann.

http://www.nauticexpo.com/prod/rolls-royce/product-39194-389325.html. Tanggal Akses 13 Maret 2019

htps://www.setcorp.ru/main/pressrelease.phtml?news_id=52916&language=english. Tanggal Akses 10 Maret 2019

http://www.nauticexpo.com/prod/rolls-royce/product-39194-389219.html. Tanggal Akses 13 Maret 2019

http://www.nauticexpo.com/prod/rolls-royce/product-39194-389311.html. Tanggal Akses 13 Maret 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v10i2.11640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats