Analisis Energi Kipas Aksial untuk Menghasilkan Kecepatan Angin 50 m/s pada Low Speed Wind Tunnel
Abstract
Terowongan angin (wind tunnel) adalah peralatan yang digunakan untuk melakukan pengujian aerodinamika terhadap sebuah model, seperti pesawat atau mobil. Pada perancangan wind tunnel ini menggunakan tipe open-circuit low speed wind tunnel yang memiliki kelemahan yaitu aliran udara pada test section yang dapat berubah dari laminar ke turbulen. Pada perancangan ini diperlukan analisis kipas hisap agar didapatkan daya motor yang efisien pada test section yang berdimensi 0,42m x 0,42m x 0,84m dengan kecepatan aliran udara maksimal sebesar 50 m/s. Analisis ini bertujuan untuk mendapatkan daya minimal motor untuk menggerakan kipas aksial, kapasitas udara (CHM) di test section, dan mendapatkan nilai koefisien loss yang diperlukan untuk perhitungan daya motor. Perhitungan tersebut diperoleh dari desain wind tunnel yang sudah ada. Pada analisis energi yang dilakukan pada desain wind tunnel Universitas Mercu Buana didapatkan CHM pada test section sebesar 31752 m3/s. Pada seriap bagian wind tunnel terjadi kerugian energi yaitu koefisien loss pada test section =0,0306; contraction cone =0,0157; diffuser =0,0533; settling chamber =0,0109; honeycomb =0,154 sehingga didapatkan = 0,2645; dan total pressure loss = 100,78 Pa. Dari total koefisien loss di wind tunnel didapatkan daya motor minimal untuk menggerakkan kipas aksial adalah 16233 watt atau setara dengan 22 HP.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v11i3.16258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Mesin
Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335
JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.