Implementasi Metode Elemen Hingga di Solidworks Guna Mengoptimalkan Desain Velg Depan Cast Wheel Sepeda Motor

Rizki Nur Afami Kurniawan, Dedik Romahadi, Muhamad Fitri

Abstract


Velg cast wheel sering mengalami kerusakan yang menyebabkan rusaknya pada bagian bibir velg atau pecahnya spoke jika menopang beban berlebih. Aspek keselamatan sangat penting diperhatikan dalam industri otomotif karena menyangkut nyawa penumpang. Optimalisasi struktural berbagai komponen kendaraan telah menunjukkan bahwa kinerja kendaraan sangat dipengaruhi oleh berat komponen. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan dibuatnya penelitian ini untuk merancang model desain velg cast wheel yang ringan namun mampu menahan beban sebesar 503 N. Sehingga perlu dibuat analisis menggunakan perbandingan model desain dan variasi material, serta dilakukan simulasi statis menggunakan software Solidworks 2018. Hasil yang dicari adalah von mises, displacement, strain, factor of safety, dan menghasilkan desain yang ringan. Hasil simulasi pada ketiga model masih aman dalam menahan beban 503 N, karena nilai factor of safety tidak kurang dari 1. Untuk massa desain dengan variasi material, mendapatkan hasil yang lebih ringan dari velg aslinya.

Keywords


Kursi Plastik; Rusuk Penguat; Metode Elemen Hingga; Von-Mises Stress; Safety Factor

References


F. A. Sorongan, “Pengaruh Return on Assets, Return on Equity, Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Bei,” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. Univ. Sam Ratulangi), vol. 6, no. 2, pp. 106–114, 2019, doi: 10.35794/jmbi.v6i2.26287.

A. Iskandar, A. Sulaeman, Rofiroh, and P. Rizky, “Analisis performance velg Vrossi Honda Scoopy dengan Finite Element Analysis Method (FEAM) menggunakan Solidworks,” J. Tek. Mesin Univ. Muhammadiyah Tangerang, vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2021.

M. Widyantoro, S. Solihin, R. I. Rosihan, and I. Fajar, “Peningkatan efisiensi pada lini proses machining velg motor dengan metode Line Balancing PT. XYZ,” J. Penelit. dan Apl. Sist. Tek. Ind., vol. 14, no. 1, pp. 54–64, 2020, doi: 10.22441/pasti.2020.v14i1.006.

Qamaruddin and M. Zuli, “Analisis sifat mekanik dan struktur mikro velg sepeda motor spoke wheel dan cast wheel,” J. Ilmu dan Apl. Tek., vol. 1, no. 1, pp. 18–20, 2016.

A. Dahlan and Rusiyanto, “Pengaruh penambahan unsur aluminium murni pada bahan aluminium scrap terhadap ketangguhan impak dan struktur mikro hasil pengecoran velg motor honda,” Din. Vokasional Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, pp. 58–68, 2021.

C. T. Trimulya, N. Cholis, S. Pradana, and F. Wahyuni, “Analisis produk pelek motor tipe cast wheel berbahan paduan alumunium,” Bina Tek., vol. 16, no. 2, pp. 79–84, 2020.

E. T. F. Santoso, C. Anwar, and G. Heryana, “Analisis kegagalan produk Presered Concrete Girder I akibat deformasi cetakan dengan menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Teknol., vol. 10, no. 2, pp. 27–36, 2020.

S. A. Kain, A. Warsito, M. Bukit, and A. Z. Johannes, “Analisis sifat mekanik modifikasi kemiringan mercu spillway tipe ogee bendungan menggunakan metode elemen hingga software Elmer,” J. Fis. Fis. Sains dan Apl., vol. 7, no. 1, pp. 69–74, 2022.

S. Lubis, “Analisis pengaruh besar gesekan terhadap tegangan thermal pada sepatu rem mobil ketebalan 2 mm menggunakan perangkat lunak Msc. Nastran V.9,” J. Rekayasa Mater. Manufaktur dan Energi, vol. 2, no. 2, pp. 104–114, 2019.

D. Romahadi, N. Ruhyat, and L. B. D. Dorion, “Condensor design analysis with Kays and London surface dimensions,” SINERGI, vol. 24, pp. 81–86, 2020, doi: 10.22441/sinergi.2020.2.001.

M. K. Rasyid, “Analisa bentuk penampang batang engkol menggunakan metode elemen hingga,” J. Tek. Mesin ITI, vol. 2, no. 1, pp. 12–15, 2018, doi: 10.31543/jtm.v2i1.55.

G. Anjasmoro, N. Robbi, and I. Choirotin, “Analisis kekuatan pembebanan rangka pada perancangan mesin pencetak pelet menggunakan simulasi Solidworks,” J. Sains dan Teknol. Tek. Mesin Unisma, vol. 18, no. 2, pp. 195–201, 2022.

I. N. A. A. Saputra, K. R. Dantes, and I. N. P. Nugraha, “Analisis Tegangan Statik Pada Rancangan Frame Mobil Listrik Ganesha Sakti (Gaski) Menggunakan Software Solidworks 2014,” J. Pendidik. Tek. Mesin Undiksha, vol. 6, no. 2, pp. 113–120, 2018, doi: 10.23887/jjtm.v6i2.13046.

Randis, N. Maulana, and H. Hermansyah, Perancangan dan simulasi struktur rangka overhaul stand untuk penggunaan assembly dan diassembly hydraulic cylinder menggunakan software Solidwork, vol. 10, no. 1. 2021.

D. Romahadi, D. Feriyanto, W. Suprihatiningsih, and W. N. Setiawan, “Perancangan sistem diagnosis getaran motor menggunakan jaringan saraf tiruan propagasi mundur,” J. Rekayasa Mesin, vol. 13, no. 1, pp. 37–46, Jun. 2022, doi: 10.21776/UB.JRM.2022.013.01.5.

E. A. Syaefudin and I. Basori, “Perancangan desain velg sepeda motor hybrid dan pengujian distribusi beban dengan software Autodesk Inventor,” J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2013, doi: 10.21009/jkem.1.1.3.

H. Joshi, A. Powar, S. Khuley, and D. P. Yesane, “Analysis and topological optimization of motorcycle front wheel,” Int. J. Curr. Eng. Technol., vol. 6, no. 6, pp. 265–269, 2016.

Yamaha Motor Co, “Yamaha Vixion R Spesifikasi,” 2022.

A. Syahputri and I. Karjadidjaja, “Hubungan pola aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh ( IMT ) dan lingkar pinggang pengunjung usia dewasa di Puskesmas Kecamatan Kalideres Jakarta Barat,” Tarumanagara Med. J., vol. 4, no. 2, pp. 187–193, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v12i2.16676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats