ANALISA AKURASI PENGGUNAAN STRAIN GAUGE DAN TRANSDUCER PADA KUNCI MOMEN

Melinda Dwi Riantiningsih

Abstract


Dalam industri otomotif kegiatan pengukuran dilakukan hampir disetiap lini produksi. Akurasi dari pengukuran ini berpengaruh terhadap kualitas, durability, dan tingkat keamanan produk . Sebelum produksi masal, dilakukan pengetesan terhadap kendaraan, salah satunya adalah uji durability kendaraan. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang sampai ke konsumen sudah terjamin kulaitas dan keamanannya. Dalam beberapa kasus terjadi kegagalan baut (crack) yang disebabkan karena pengencangan baut yang kurang akurat. Hal ini dikarenakan kunci momen yang tersedia adalah kunci momen analog, sehingga pengencangan baut kurang akurat. Sebelumnya telah dilakukan penelitian tentang penggunaan strain gauge pada kunci momen, namun belum  ada analisa mengenai tingkat akurasi yang dihasilkan dari modifikasi tersebut. Pada penelitian kali ini akan dilakukan analisa akurasi penggunaan strain gauge dan transducer pada kunci momen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai akurasi dari modifikasi alat kunci momen menggunakan strain gauge dan transducer.Penelitian dilakukan dengan cara membandingkan data torsi pengencangan hasil dari pengambilan data  kunci momen dengan data perhitungan secara teoritis menggunakan Motosh Equation. Baut yang digunakan adalah A2-70 ukuran M12. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa akurasi modifikasi kunci momen dengan strain gauge dan tranducer sebesar 92,81% dan rata-rata nilai error sebesar 7%. Artinya modifikasi kunci momen ini bisa diganakan dengan memperhatikan nilai error sehingga dapat didapatkan hasil pengencangan yang sesuai dan akurat.


Keywords


Torsi, Torsi Pengencangan, Kunci Momen, Strain Gauge, Akurasi

References


K. K. Choong, “Use of mathematical measurement in improving the accuracy (reliability) & meaningfulness of performance measurement in businesses & organizations,” Meas. J. Int. Meas. Confed., vol. 129, pp. 184–205, 2018.

F. Grégis, “Assessing accuracy in measurement: The dilemma of safety versus precision in the adjustment of the fundamental physical constants,” Stud. Hist. Philos. Sci. Part A, no. June 2018, pp. 1–14, 2018.

F. Universitatis, “BRIDGE MEASURING CIRCUITS IN THE STRAIN GAUGE Jelena Manojlovi ć , Predrag Jankovi ć,” vol. 11, pp. 75–84, 2013.

H. Saputra and M. Yusfi, “Rancang Bangun Alat Ukur Regangan Menggunakan Sensor Strain Gauge Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Tampilan Lcd,” Fis. Unand, vol. 2, no. 3, pp. 162–169, 2013.

H. Gong, J. Liu, and X. Ding, “Calculation of the effective bearing contact radius for precision tightening of bolted joints,” Adv. Mech. Eng., vol. 8, no. 9, pp. 1–8, 2016.

Q. M. Yu and H. L. Zhou, “Finite Element Study on Pre-Tightening Process of Threaded Connection and Failure Analysis for Pressure Vessel,” Procedia Eng., vol. 130, pp. 1385–1396, 2015.

J. Drumheller, “TORQUE-TENSION AND COEFFICIENT OF Written By.”

F. S. Hananto, “RANCANG BANGUN SENSOR VISKOSITAS CAIRAN MENGGUNAKAN STRAIN GAUGE DENGAN PRINSIP,” pp. 87–94.

J. Zhou, J. Liu, H. Ouyang, Z. Cai, J. Peng, and M. Zhu, “Anti-loosening performance of coatings on fasteners subjected to dynamic shear load,” 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v8i2.4809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats